Topic
Home / Berita / Nasional / DPR Desak Jokowi Minta Selandia Baru Klarifikasi Soal Isu Penyadapan

DPR Desak Jokowi Minta Selandia Baru Klarifikasi Soal Isu Penyadapan

Wakil Ketua DPR, Fadli Zon. (wartanews.com)
Wakil Ketua DPR, Fadli Zon. (wartanews.com)

dakwatuna.com – Jakarta. Presiden Joko Widodo (Jokowi) didesak meminta klarifikasi kepada pemerintah Selandia Baru terkait dugaan penyadapan oleh negara tersebut terhadap sejulah pejabat Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon, di Jakarta, Senin (9/3).

Fadli Zon mengatakan, sudah selayaknya Presiden melakukan kritik terhadap sikap Selandia Baru itu. “Kita harus mengkritik penyadapan ini. Itu langkah yang sebetulnya tidak boleh dilakukan negara yang bersahabat,” katanya, seperti yang dikutip dari viva.co.id, Senin (9/3). Dia mengaku, DPR sangat menyesali jika hal itu benar terjadi.

“Pemerintah tidak boleh diam saja. Sikap keras pemerintah Indonesia, layak dilayangkan dengan aksi penyadapan ini. Pemerintah seharusnya memprotes keras jika ada penyadapan. Karena pelanggaran terhadap kedaulatan kita,” ujarnya.

Dia menilai, sikap pemerintah dengan meminta penjelasan pemerintah Selandia Baru, perlu segera diambil. Setelah itu, lanjut Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra ini, baru pemerintah bisa bersikap terhadap aksi spionase ini.

“Sekarang pemerintah minta klarifikasi saja dulu. Nanti selanjutnya apakah protes, protes keras, silahkan,” katanya.

Diketahui, informasi penyadapan pertama kali diungkap oleh media Selandia Baru, New Zealand Herald dan Radio Selandia Baru. Di situ tertulis, kedua badan intelijen, GCSB (Badan Intelijen Selandia Baru) dan ASD (Badan Intelijen Australia), melakukan penyadapan melalui perusahaan telekomunikasi.

Kedua badan itu menyadap komunikasi pejabat tinggi beberapa negara di Kepulauan Pasifik termasuk Indonesia. Mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA), Edward J Snowden, yang membocorkan kabar ini. (viva/abr/dakwatuna)

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

Erdogan: Teroris Selandia Baru dan ISIS Berasal dari Tempat yang Sama

Figure
Organization