Home / Berita / Internasional / Amerika / Tentara Kanada Tewas oleh “Senjata Teman” di Irak

Tentara Kanada Tewas oleh “Senjata Teman” di Irak

Pemberangkatan tentara Kanada ke Irak (reuters.com)
Pemberangkatan tentara Kanada ke Irak (reuters.com)

dakwatuna.com – Irak. Seorang tentara Kanada tewas dan tiga lainnya terluka setelah secara tidak sengaja terjebak baku tembak dengan pasukan Kurdi di utara Irak.

Sebagaimana diungkapkan Kementerian Pertahanan Kanada dalam rilisnya, pasukan Kanada sedang mengikuti operasi-operasi khusus pasukan NATO di Basymarkah, utara Irak, dan secara tidak sengaja terjadi baku tembak dengan pasukan Kurdi di kawasan itu.

Identitas tentara yang tewas terungkap bernama Andrew Joseph Doiron, sementara tiga tentara yang terluka telah menjalani pengobatan medis.

Pasukan Kanada ikut bergabung dengan tentara NATO yang dipimpin oleh AS, guna memerangi ISIS di Irak. Setidaknya, pasukan Kanada telah terlibat baku tembak tiga kali dengan tentara ISIS semenjak ditempatkan di Irak.

Di samping menugaskan 70 personil tentaranya di kawasan Kurdi di utara Irak, Kanada juga menggunakan 6 pesawat tempurnya membantu tentara NATO.

Kanada tengah menunggu apakah akan memperpanjang penugasan tentaranya di Irak dalam beberapa minggu mendatang, yang masa periode tugasnya adalah enam bulan. (aljazeera/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Koalisi AS Gempur Benteng Terakhir ISIS di Suriah