Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Erdogan: ISIS Ikuti Jejak Hulagu Khan

Erdogan: ISIS Ikuti Jejak Hulagu Khan

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (eventreport.it)
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (eventreport.it)

dakwatuna.com – Istambul. Dalam pembukaan festival seni tradisional, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa apa yang dilakukan ISIS di Mosul adalah mengikuti jejak Hulagu Khan yang memusuhi karya seni.

Seperti dilansir Andolu, Rabu (4/3/2015) hari ini, Erdogan mengatakan, “Peradaban Islam sangat memperhatikan ilmu, pendidikan, buku, dan perpustakaan. Karena itu, peradaban Islam dikatakan sebagai peradaban ilmu pengetahuan dan buku.”

Erdogan mengajak untuk kembali kepada sejarah tentang serangan pasukan Mongol di bawah pimpinan Hulagu Khan. “Pasukan Hulagu Khan telah membakar 36 perpustakaan di ibukota negara Abbasiyah, Baghdad. Hal yang sama dilakukan Kardinal Spanyol yang membakar perpustakaan Andalusia.”

Beliau menyamakan hal itu dengan yang dilakukan ISIS beberapa waktu yang lalu, “Saat ini kita melihat ISIS telah mengikuti jejak itu di Suriah dan Irak. Mereka benar-benar ingin menghancurkan peradaban, budaya, dan akar sejarah kita.”

Dalam kesempatan itu Erdogan mengumumkan akan membangun sebuah museum yang berisi peninggalan sejarah Islam, dan sebuah perpustakaan raksasa berisi 5 juta buku bervariasi. (msa/dakwatuna)

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Erdogan Bantah Turki Berniat Kuasai Wilayah Negara Lain

Figure
Organization