Topic
Home / Berita / Daerah / RZ Luncurkan Program Pelestarian Lingkungan ‘Kampung Berseri’

RZ Luncurkan Program Pelestarian Lingkungan ‘Kampung Berseri’

Launching program Kampung Berseri di Desa Mekarwangi, Lembang, Bandabar. Rabu (4/2/15).  (asih/rz)
Launching program Kampung Berseri di Desa Mekarwangi, Lembang, Bandabar. Rabu (4/2/15). (asih/rz)

dakwatuna.com – Bandung. RZ (Rumah Zakat) meluncurkan program Kampung Berseri di Desa Mekarwangi, Lembang. Program pelestarian lingkungan berbasis pemberdayaan komunitas atau rumah tangga ini hasil kerja sama RZ dengan Lawangwangi Creative Space, yaitu resto sekaligus juga galeri yang berlokasi tak jauh dari desa binaan RZ tersebut.

 

“Sinergi ini untuk mendorong masyarakat Kampung Bunisari, Desa Mekarwangi agar memiliki kebiasaan sehat sehingga kedepannya akan terbentuk lingkungan yang sehat juga. Salah satu stimulus yang diberikan adalah dengan penyediaan 150 tong sampah bagi warga Kampung Bunisari ini,” ujar Nur Efendi CEO RZ, Rabu (4/2).

 

Selain menyediakan tong sampah dalam program ini juga dilakukan penyuluhan dan pembinaan masyarakat serta pengolahan sampah rumah tangga. Dengan pembinaan yang terpadu diharapkan adanya perubahan perilaku masyarakat dalam memelihara kebersihan.

 

“Selanjutnya kami akan membentuk bank sampah sebagai wadah pengolahan sampah rumah tangga. Kemudian ada juga urban farming untuk menghijaukan lingkungan sekitar Bunisari,” tutur Saepudin, Relawan Inspirasi RZ yang membina warga Mekarwangi.

 

RZ mengembangkan program Kampung Berseri di beberapa wilayah binaan di Indonesia, diantaranya Jakarta, Bandung, Solo, Cikarang, dan Lampung. “Permasalahan lingkungan yang semakin serius saat ini lebih banyak disebabkan oleh faktor manusia dibandingkan dengan faktor alam itu sendiri. Maka perbaikan lingkungan tersebut harus bermula dari perbaikan perilaku manusia,” ungkap Efendi. (asih/rz/sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Kampung Inspirasi: Mencipta Muslim Tangguh Luar dan Dalam

Figure
Organization