Home / Berita / Nasional / Empat Putusan ini yang Bikin KPK Kalah Telak dari Polri

Empat Putusan ini yang Bikin KPK Kalah Telak dari Polri

Inet - (okezone.com)
Inet – (okezone.com)

dakwatuna.com – Jakarta.  Mantan Wakil Ketua Tim 9 Jimly Asshiddiqqie memberikan tanggapan soal apa konflik KPK-Polri. Jimly mengatakan sudah 4 kekalahan yang dialami KPK dalam kasus Komjen Budi Gunawan.

“Pertama, kekalahan KPK dalam sidang gugatan praperadilan Budi Gunawan atas penetapan status tersangkanya oleh KPK di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan,” ujar Jimly Asshiddiqqie, saat dihubungi detikcom, Selasa (3/3/2015).

Kekalahan kedua adalah penolakan kasasi yang diajukan Biro Hukum KPK atas putusan praperadilan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Sementara kekalahan ketiga dialami KPK ketika terjadi penonaktifan dua pimpinan KPK yaitu Abraham Samad dan Bambang Widjojanto karena berstatus tersangka yang dijerat oleh Badan Reserse Kriminal Polri menjadi kekalahan KPK yang ketiga.

“Kedua pimpinan KPK yang diberhentikan sementara itu sangat mengganggu KPK. Dan saat ini KPK disebut dikriminalisasi,” sambungnya.

Sedangkan kekalahan KPK yang keempat adalah soal pelimpahan kasus Budi Gunawan dari KPK ke Kejaksaan Agung.

“Kemudian kasus BG dilimpahkan ke Kejaksaan jadi seolah-olah ini 4-0,” tegasnya.

Lima komisioner KPK berkompromi bersama Jaksa Agung HM Prasetyo, Wakapolri Badrodin Haiti dan Menko Polhukam Tedjo Eddy pada Senin (2/3/2015) terkait kelanjutan kasus BG. Putusan hakim Sarpin yang menggugurkan status tersangka BG sementara KPK tidak diberi kuasa melakukan SP3, membuat aparat hukum sepakat kasus tersebut dilimpahkan ke Kejaksaan.

Kejaksaan menerima kasus tersebut dan meneruskannya ke Polri. Alasan Kejaksaan melimpahkan kembali kasus BG ke Polri karena kasus itu pernah ditangani Bareskrim pada 2010 dan agar lebih mudah serta efisien. (detik/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Rutan Mako Brimob Terkendali, DPD Beri Doa dan Apresiasi Buat Polri