Home / Berita / Daerah / Innalillaahi, Flores Diguncang Gempa Berkekuatan 7.1 SR

Innalillaahi, Flores Diguncang Gempa Berkekuatan 7.1 SR

Gempa, ilustrasi (merdeka.com)
Gempa, ilustrasi (merdeka.com)

dakwatuna.com – Jakarta. Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) diguncang gempa pada kekuatan 7.1 skala richter (SR) sekitar pukul 20.45 WIB, Jumat (27/2).

Seperti yang dikutip dari inilah.com, Jumat (27/2), seperti yang diinformasukan oleh Badan Metereologi dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berpusat dikedalaman 572 Kilometer, atau 105 Kilometer Barat Laut Flores Timur. Lokasi Gempa 7.55 Lintang Selatan, 122.60 Bujur Timur.

Sementara itu, seperti yang dilansir merdeka.com, Jumat (27/2), getaran gempa justru lebih keras terasa di wilayah Denpasar dan Kupang NTT. Padahal di daerah pusat gempa dirasakan sangat lemah.

Hal itu dikatakan oleh Kepala BMKG Denpasar-NTT dan NTB, Wayan Suardana. Menurutnya, gempa tidak berpotensi tsunami.

“Keretakan pada lempengan bumi di kedalaman laut wilayah NTT sangat tinggi. Namun tidak menimbulkan tsunami, bahkan di pusat gempa sendiri justru tidak begitu keras terasa. Getaran terasa sangat keras ada di wilayah Lombok, Nusa Dua Bali dan Kupang NTT,” ungkap Suardana.

Dia mengatakan, getaran gempa berkisar 4 MI tetonik. Namun goyangan dari getaran tersebut sangat lemah dirasakan di wilayah Flores. Dia juga mengimbau warga agar tidak panik, karena gempa tidak berdampak tsunami. “Bahkan di wilayah pusat gempa juga sangat aman,” tegasnya.

Informasi yang diperoleh, di wilayah Nusa Dua, Bali, sejumlah warga di Tanjung Benoa sempat berhamburan keluar rumah saat gempa terjadi.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui adanya laporan korban, jumlah kerusakan bangunan, maupun potensi terjadinya tsunami pasca gempa. (abr/dakwatuna)

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

FORKOMMI dan FOKMA Malaysia Adakan Bakti Sosial untuk Korban Gempa Palu

Figure
Organization