Home / Berita / Internasional / Asia / PBB: Abd Rabbuh Masih Presiden Yaman yang Sah

PBB: Abd Rabbuh Masih Presiden Yaman yang Sah

Presiden Yaman, Abd Rabbuh Mansur Hadi. (islammemo)
Presiden Yaman, Abd Rabbuh Mansur Hadi. (islammemo)

dakwatuna.com – New York. Dewan keamanan (DK) PBB menekankan bahwa Abd Rabbuh Mansur Hadi masih menjadi presiden Yaman yang sah. Kelompok Syiah Hutsi dan kekuatan politik lainnya diminta untuk melakukan dialog dan tidak menambah kekeruhan suasana politik Yaman.

Dalam keterangan pers, Rabu (25/2/2016) petang, dewan keamanan juga menyambut kondisi terakhir Yaman terakhir, yaitu keberhasilan Presiden Hadi lepas dari tahanan rumah yang diterapkan milisi Syiah Hutsi.

Presiden Hadi pernah mengajukan pengunduran dirinya Januari yang lalu sebelum akhirnya menjalani tahanan rumah oleh milisi Syiah Hutsi. Namun hari Jumat (21/2/2014) yang lalu beliau berhasil mengelabui penjaga rumahnya. Beliau keluar bersama rombongan ibu-ibu dengan mengenakan pakaian wanita dan cadar.

Beliau kemudian menuju kota Aden, menarik surat pengunduran dirinya untuk kemudian menjalankan pemerintahan Yaman dari ibukota sementara di Yaman bagian selatan tersebut.

DK PBB meminta Syiah Hutsi dan kelompok lainnya untuk memilih alternatif dialog jalur politik, bukan melakukan kontak senjata demi mendapatkan kartu politik. Masing-masing kelompok diminta untuk tidak melakukan provokasi dan tindakan sendiri.

Selain itu, di antara pendahuluan sebelum dialog, kelompok Syiah Hutsi diminta untuk membebaskan semua tahanan yang berada di tangannya. Terutama perdana menteri Yaman Khaled Bahah, beberapa menteri, dan beberapa tokoh lainnya yang ditangkap secara semena-mena, dan diterapkan tahanan rumah. (msa/dakwatuna/islammemo)

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Duduk Berdampingan dengan Menlu Yaman, Netanyahu: Kami Ukir Sejarah