Topic
Home / Narasi Islam / Artikel Lepas / Legenda Hidup Dunia Pendidikanku

Legenda Hidup Dunia Pendidikanku

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
(Sapto Prio Wawan Hadi Wibowo)
(Sapto Prio Wawan Hadi Wibowo)

dakwatuna.com – Aku ditempatkan di daerah yang masih terletak di pulau Jawa, tepatnya di Provinsi Banten Kabupaten Pandeglang Kecamatan Cibitung Desa Kutakarang Kampung Sodong Gantung di SDN Kutakarang 1 selama setahun lamanya sebagai guru model di bawah naungan Sekolah Guru Indonesia – Dompet Dhuafa.

Sekolah penempatanku sudah berdiri sejak tahun 1980 yang lalu dan hingga sekarang belum banyak perubahan signifikan yang terjadi. Sejak saat itu hingga sekarang, pendiri atau bisa dikatakan sebagai pencetusnya, masih berada dekat dengan lingkungan sekolah. Beliau bernama H. Rohman, sebagai kepala sekolah pertama di SDN Kutakarang 1. Beliau adalah legenda hidup untuk dunia pendidikan di desa Kutakarang ini.

H. Rohman lahir di Bandung, 7 Mei 1949. Semasa kecilnya, beliau telah melihat perpecahan di keluarganya, ibu dan ayahnya berpisah dan masing – masing menikah lagi. Pak H. Rohman sebagai anak satu – satunya dari ayah dan ibunya, beliau tak memiliki saudara kandung yang ada hanyalah saudara tiri. Beliau menghabiskan masa kecilnya di sekolah rakyat (SR) di daerah Bandung mengikuti ibunya hingga beliau duduk di kelas 3 dan akhirnya beliau diajak oleh ayahnya ke daerah Tasikmalaya hingga tamat. Kemudian beliau lanjut ke SMP di daerah Cililin Bandung bersama ibunya dan menamatkan sekolahnya di sana.

Pak H. Rohman lalu melanjutkan sekolahnya ke SMA tapi baru seminggu sekolah, beliau lalu keluar dan tak melanjutkannya lagi sebab kurangnya biaya menjadi faktor utama. Sehingga suatu hari dia mengikuti saran dari pak Mamang, saudara jauhnya untuk ikut dengan Penilik (Pengawas) ke daerah Pandeglang untuk memantau sekolah dasar yang ada di daerah sini. Waktu itu beliau ditawari untuk menjadi seorang guru walaupun hanya lulusan SMP.

Tugas pertama Pak H. Rohman adalah di SD Cibaliung pada tahun 1967, beliau mengajar selama 3 tahun hingga akhirnya beliau dipindahkan di SD Babakan Binong. Selama menjabat sebagai guru, beliau mengikuti beberapa pelatihan semacam kursus atau sekolah kesetaraan jika jaman sekarang. Beliau mengikuti yang RBB, RBA dan akhirnya mengikuti SPG atau sekolah pendidikan guru selama satu tahun apada tahun 1975. Hingga akhirnya beliau ditugaskan untuk pertama kalinya menjadi kepala sekolah di SDN Kutakarang 1 di kampung Sodong Gantung di kecamatan Cibitung pada tahun 1980, dulunya masih dalam wilayah kecamatan Cibaliung hingga akhirnya mekar pada tahun 2005 menjadi kecamatan Cibitung.

Pak H. Rohman memiliki seorang istri yang bernama Rukiyah dan memiliki 4 orang anak, dua putra dan dua putri yang masing – masing sudah berkeluarga. Sekarang pak H. Rohman aktif sebagai tokoh masyarakat di kampung daerah penempatanku dan banyak pengalaman yang bakalan aku dapatkan dari beliau.

Redaktur: Deasy Lyna Tsuraya

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Lihat Juga

Meraih Kesuksesan Dengan Kejujuran (Refleksi Nilai Kehidupan)

Figure
Organization