Topic
Home / Narasi Islam / Artikel Lepas / Matematika vs Bahasa Inggris

Matematika vs Bahasa Inggris

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
ilustrasi (inet)
ilustrasi (inet)

dakwatuna.com – Ilmu hitung dan bahasa asing menjadi salah satu momok di hampir seluruh tingkatan sekolah, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi, dari sabang hingga merauke, dari utara hingga selatan Indonesia. Keadaan ini memang menjadi salah satu kesulitan dalam meningkatkan kualitas pendidikan terutama di Indonesia. Terkadang beberapa mereka yang pandai dalam ilmu hitung tak bisa dalam memahami bahasa asing, begitu pun sebaliknya, paham bahasa asing tapi tak paham ilmu hitung. Hal ini layaknya sudah menjadi rumus tetap dalam kehidupan para pelajar. Walau pun tak sedikit juga yang bisa memahami ilmu hitung dan bahasa asing tersebut.

Kejadian ini serasa menjadi bayang – bayang bagi para siswa di SDN Kutakarang 1, sekolah yang terletak di Kampung Sodong Gantung Desa Kutakarang Kecamatan Cibitung Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten ini memiliki masalah terkait dengan bahasa Inggris, bahasa yang menurut mereka adalah bahasa yang aneh, di mana lain tulisan lain bacaan lain pula artinya, sungguh bahasa yang aneh. Tapi hal ini tidak seperti yang biasa orang lain pikirkan. Siswa di sini memiliki kelebihan dari segi ilmu hitung, ya seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa, jika paham dengan ilmu hitung maka lemah dari segi bahasa asing, begitu pun sebaliknya. Hal ini sesuai dengan teori yang ada, bahwasanya setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan sesuai dengan takarannya masing – masing.

Memahami bahasa Indonesia pun terasa sulit bagi mereka, hal ini di sebabkan karena kebiasaan mereka sehari – hari menjadi faktor utamanya. Bahasa yang mereka gunakan yaitu bahasa ibu mereka, bahasa lokal masyarakat pada umumnya, yaitu bahasa sunda. Nah, bahasa negara sendiri saja sudah susah apalagi belajar dari bahasa Negara orang lain.

Dibandingkan dengan mempelajari bahasa Inggris, belajar ilmu hitung bagi mereka adalah yang paling dekat dengan kehidupannya. Misalnya saja, ketika mereka disuruh untuk membeli bahan – bahan untuk membuat kue di warung, diberikan sejumlah uang, kemudian sembari orang tua mereka menanyakan ada tidak uang kembaliannya? Berapa banyak yang bisa dibeli dengan uang segitu? Dan sebagainya. Tetapi pertanyaan – pertanyaan seperti itu yang diutarakan oleh orang tua, bukan menggunakan bahasa Indonesia melainkan menggunakan bahasa sunda. Nah kebiasaan inilah yang mereka sering lakukan sehingga matematika atau ilmu hitung lainnya dianggap pelajaran yang paling menyenangkan dibandingkan bahasa inggris.

Redaktur: Deasy Lyna Tsuraya

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Lihat Juga

Inggris Kecam Rencana Pencaplokan Tepi Barat oleh Israel

Figure
Organization