Topic
Home / Berita / Silaturahim / Islamic Training and Motivation, Taiwan: Berkaca Pada Rasul di Segala Situasi

Islamic Training and Motivation, Taiwan: Berkaca Pada Rasul di Segala Situasi

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Islamic Training & Motivation, Taiwan 2015
Islamic Training & Motivation, Taiwan 2015

dakwatuna.com – Tahun baru Cina bagi masyarakat Taiwan layaknya lebaran idul Fitri di Indonesia. Peringatan besar besaran dan libur panjang. Moment ini tidak dimanfaatkan oleh Forum Mahasiswa Muslim Indonesia di Taiwan (FORMMIT) dengan mengadakan acara “Islamic training & motivation” untuk para mahasiswa dan Buruh Migran Indonesia (BMI) di Taiwan selama dua hari,20-21 februari. Berbeda dengan kegiatan Training di Tainan (Taiwan bagian selatan), seperti diberitakan dakwatuna sebelumnya, yang mengambil tema Wirausaha, maka untuk Islamic motivation training di Taoyuan (Taiwan bagian utara) mangajak para peserta berkaca pada Rasulullah sebagai prototype manusia terbaik sepanjang masa dalam setiap aktivitas.

Diawali dengan presentasi tentang kepemimpinan ala Rasulullah SAW, kunci kunci keberhasilan dakwah beliau, kemudian dilanjutkan dengan sharing soal bagaimana bekerja dalam tim, sebuah motivasi tentang perlunya berjamaah disampaikan oleh trainer muda Prima sukma permata dan Widhya Budiawan. Hidup sehat dengan mencontoh kebiasaan Rasulullah shollallahu’alaihi wasallam menjadi bahasan berikutnya yang disampaikan oleh pakar kesehatan dr. Hendra WMS. Semua yang telah Rasullullah ajarkan ternyata mengandung rahasia medis yang dapat dijelaskan secara ilmiah. Sebagai penutup kegiatan hari pertama, peserta diajak napak tilas kehidupan Rasullullah SAW lewat materi sirah nabawi yang disampaikan oleh ustadz Doni Astoto.

Tidak berhenti di sini, pada hari kedua, diawali dengan kuliah subuh yang disampaikan oleh ustadz kondang dari indonesia Buya Yahya. Motivasi dakwah yang disampaikan beliau cukup menjadi pemompa semangat para peserta yang sebagian besar adalah pemuda dalam amar ma’ruf nahi mungkar dimana pun berada. Kehadiran Buya Yahya ke Taiwan untuk menjadi pembicara dalam acara tabligh akbar yang diadakan kelompok pengajian para pekerja di Taiwan yang kebetulan bertepatan dengan moment kegiatan “Islamic dan motivation training”. Sesi games dan outbond sekaligus tafakur alam yang digelar di pantai Zhuwei, Taoyuan menjadi penutup rangkaian acara . Pada sesi ini, games dan outbond dipandu langsung oleh tim outbond FORMMIT yang menyuguhkan permainan-permainan menarik untuk mengasah kemampuan leadership dan teamwork peserta. Selain untuk mempererat ukhuwah antar muslim di Taiwan, kegiatan ini juga bertujuan untuk memakmurkan masjid At Taqwa di Dayuan township, Taoyuan county. Masjid At-Taqwa adalah masjid di Taiwan yang dibangun atas kontribusi warga Negara Indonesia di Taiwan. Harapannya syiar Islam kepada masyarakat lokal semakin gencar dan hidayah Allah akan senantiasa memancar. (usb/dakwatuna)

Redaktur: Samin Barkah

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar
Lahir di Blitar, jawa timur. menempuh pendidikan S1 teknik Kimia ITS angkatan 2002, menyelesaikan S2 di National Taiwan University of Science and Technology (NTUST), sekarang sedang menempuh program S3 di kampus yang sama. Tinggal di Taipei. Gemar jalan jalan, memasak, berbisnis dan menulis. Aktif di FORMMIT, PIP PKS Taiwan

Lihat Juga

Cegah Sekulerisme, KAMMI Pangkalan Bun Adakan Training Kepemimpinan

Figure
Organization