Topic
Home / Berita / Daerah / Pemberantasan Buta Alquran jadi Prioritas Pemprov Jabar

Pemberantasan Buta Alquran jadi Prioritas Pemprov Jabar

Wakil Gubernur Jabar, Deddy Mizwar.  (jabarprov.go.id)
Wakil Gubernur Jabar, Deddy Mizwar. (jabarprov.go.id)

dakwatuna.com – Bandung.  Pemerintah Provinsi Jawa Barat menganggap pemberatasan buta huruf Alquran sebagai skala prioritas. Oleh karena itu, Pemprov Jabar memberikan beasiswa kepada qori/qoriah, hafidz/hafidzah, dan Khothoh/Khothothoh. Ini sebagai bentuk perhatian yang diberikan Pemprov bagi para generasi muda yang memperdalam Alquran.

“Pemberantasan buta huruf Alquran harus disejajarkan dengan pemberantasan buta huruf latin,” ujar Wakil Gubernur Jabar, Deddy Mizwar, kepada wartawan di Pusat Dakwah Islam (Pusdai), Bandung, Selasa (24/2/15).

Deddy mengaku, hingga saat ini belum ada indeks yang mengukur buta huruf Alquran di suatu wilayah. Hal ini berbeda dengan pendataan buta huruf latin yang dapat dilakukan secara cepat.

Meski tidak ada data resmi, namun Deddy mengklaim jumlah penduduk buta huruf Alquran di Jabar sangat kecil. Pasalnya, banyak para siswa yang bergama Islam yang mengikuti Madrasah Diniyah.

Menurutnya, keberadaan Madrasah Diniyah menjadi andalan untuk meningkatkan pengetahuan agama yang dimiliki para siswa. Pendidikan Dinyah memanfaatkan ruang kelas sekolah negeri dan swasta usai kegiatan belajar mengajar. (ROL/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Perlunya Belajar Tafsir Al-Qur’an Bagi Setiap Muslim

Figure
Organization