Home / Berita / Daerah / Hari Peduli Sampah Nasional, Asah Kreativitas dengan Kearifan Lokal

Hari Peduli Sampah Nasional, Asah Kreativitas dengan Kearifan Lokal

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Lomba daur ulang sampah yang diselenggarakan di kampung cerdas Stal Kuda Balikpapan, pada Minggu (22/02/15). (umi/dovvy/pkpu)
Lomba daur ulang sampah yang diselenggarakan di kampung cerdas Stal Kuda Balikpapan, pada Minggu (22/02/15). (umi/dovvy/pkpu)

dakwatuna.com – Balikpapan.  Dalam rangka memperingati hari peduli sampah Nasional, PKPU Cabang Balikpapan mengadakan lomba daur ulang sampah yang diselenggarakan di kampung cerdas Stal Kuda Balikpapan, pada Minggu (22/02/15). Lomba ini diselenggarakan untuk anak – anak dari tingkat sekolah dasar (SD) sampai tingkat sekolah menengah pertama (SMP) yang merupakan binaan kampung cerdas Stal Kuda Balikpapan.

Dalam acara ini anak–anak diberikan kesempatan untuk menunjukkan kreatifitasnya dalam memanfaatkan sampah yang bisa di daur ulang seperti stik es krim , plastik kemasan biskuit, gelas air mineral bekas, toples bekas, sedotan bekas, dan lain-lain dalam waktu 90 menit.

Diadakannya kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kreatifitas dan mengasah bakat anak – anak dengan memanfaatkan kearifan lokal yang ada di sekitar kampung cerdas Stal Kuda yang merupakan kawasan kampung pemulung dan pesisir pantai. Diharapkan juga melalui kegiatan ini dapat mengoptimalisasikan sampah menjadi barang yang tidak hanya bernilai sampah semata tapi dapat dikemas dengan sesuatu yang bernilai jual.

Dalam lomba ini peserta dinilai dari segi kreatifitas, keunikan, kerapian dan nilai guna. Dan terpilih beberapa orang pemenang lomba diantaranya Anisa sebagai juara I yang menghasilkan karya tempat pensil dari stik es krim bekas, juara II Yunita dengan karyanya Tempat Pulpen dari kaleng susu bekas yang dihias dengan plastik kemasan biskuit bekas, dan juara ke III Habib dengan karyanya Tirai dari gelaa air mineral bekas yang dirangkai.

Kampung Cerdas ini  telah berada untuk menjadi sarana pembelajaran informal untuk masyarakat sekitar terutama anak-anak yang berada disana. Lomba ini merupakan salah satu kegiatan yang menjadi pembinaan rutin di wilayah tersebut. Ditempat ini pula tersedia taman baca dan juga kader kampung cerdas yang telah dilatih oleh PKPU yang berasal dari masyarakat sekitar.

Bagi para pihak yang memiliki kepedulian dalam berbagi ilmu & kreatifitas dapat bergabung menjadi keluarga besar pendidik kampung cerdas Stal Kuda dengan mendaftarkan diri langsung ke Kantor PKPU di Jl. Soekarno Hatta KM 2 No 12 RT 03 Muara Rapak (0542 739500). (umi/dovvy/PKPU/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Sinabung Meletus, PKPU Human Initiative Terjunkan Tim Rescue

Figure
Organization