Topic
Home / Berita / Internasional / Afrika / Aljazair Selenggarakan Konferensi Internasional “Memiskinkan” Kekayaan Teroris

Aljazair Selenggarakan Konferensi Internasional “Memiskinkan” Kekayaan Teroris

Algiers, ibu kota Aljazair (islammemo.cc)
Algiers, ibu kota Aljazair (islammemo.cc)

dakwatuna.com – Aljazair. Negara ujung Afrika yang berbatasan dengan Eropa, Aljazair, menjadi tuan rumah pertemuan internasional membahas upaya untuk memutus sumber pendanaan kelompok-kelompok radikal dan teroris di dunia.

Konferensi yang diselenggarakan pada Senin ini (23/2/2015) dikoordinir oleh Kementerian Kehakiman Aljazair berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri Aljazair.

Dalam pertemuan dibahas pemberantasan perdagangan narkoba dan larangan memberikan tebusan kepada kelompok teroris dengan pertimbangan kedua hal itu adalah sumber pendanaan kelompok-kelompok radikal dewasa ini.

Diharapkan pertemuan tersebut dapat menghasilkan draf revisi Protokol Pemberantasan Terorisme untuk kemudian diajukan ke PBB.

Sebelum ini, tepatnya awal Februari 2015, Aljazair baru saja mengesahkan UU pemberantasan pencucian uang dan pemberantasan terorisme serta sumber pendanaannya.

Terkait hal ini, Aljazair menggulirkan wacana bahwa siapapun yang memenuhi tuntutan tebusan yang diajukan kelompok teroris dapat dipidanakan. Aljazair mengupayakan agar PBB menyetujui protokol yang melarang membayarkan tebusan kelompok teroris, sebagaimana yang diterapkan ISIS belakangan ini.

Menurut Aljazair, kelompok-kelompok teroris mampu menghasilkan 220 juta dolar AS dari keuntungan dana-dana tebusan tawasan yang diperolehnya. (islammemo/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Pengunjung Membludak, Pameran Buku di Aljazair Dikunjungi 2,3 Juta Orang

Figure
Organization