Topic
Home / Berita / Internasional / Amerika / Walikota Rotterdam: Islam Bukanlah Musuh Barat

Walikota Rotterdam: Islam Bukanlah Musuh Barat

Ahmed Aboutaleb, Walikota Rotterdam.  (vaseljenska.com)
Ahmed Aboutaleb, Walikota Rotterdam. (vaseljenska.com)

dakwatuna.com – Washington DC. Walikota Rotterdam, Ahmed Aboutaleb, dalam sebuah pidatonya di Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat, mengajak seluruh umat Islam untuk turut meyakinkan bahwa Islam bukanlah musuh barat.

“Sebagai seorang walikota Muslim, saya mengajak seluruh komunitas Islam untuk turut bersuara. Bagaimanapun, suara dari 16 juta orang Islam di Eropa dan dua juta orang Islam di Amerika Serikat bisa ikut meyakinkan, Islam bukanlah musuh bagi Barat,” ujar Ahmed Aboutaleb, Rabu (18/2/15) dilansir dari NL Times dan dikutip dari ROL.

Walikota muslim ini juga menyuarakan tentang ajakan dialog dan pendidikan merupakan cara yang ampuh untuk mengatasi kesalahpahaman mengenai ajaran-ajaran Islam.

Aboutaleb juga menambahkan, kaum Muslim sendiri mesti menjauhi sikap dan pemikiran ekstremis agar tidak memperlebar jurang kesalahpahaman tersebut.

“Melebihi yang terjadi sebelumnya, belakangan ini tensi ketegangan global kian berpengaruh terhadap tataran komunitas lokal,” kata Ahmed Aboutaleb.

Pemimpin Muslim asal Belanda ini turut menghadiri pertemuan dialog yang membahas ekstremisme dan kekerasan atas nama agama di Washington DC, Amerika Serikat.

Pertemuan tersebut digelar lantaran kian meningkatnya aksi kekerasan, seperti yang baru-baru ini terjadi di Paris dan Copenhagen.

Di Belanda sendiri, jumlah umat Islam sekira satu juta orang dari total populasi Belanda, yakni 16 juta orang. Kebanyakan mereka merupakan keturunan Turki atau Maroko.

Islamofobia di Belanda juga cukup mengkhawatirkan. Dilaporkan dalam sebuah penelitian, sekira 69 persen dari seluruh masjid di Belanda pernah mengalami serangan setidaknya sejak 10 tahun terakhir.

Serangan-serangan itu umumnya berupa vandalisme, pelemparan batu, hingga ejekan dan teror terhadap orang-orang Islam. (ROL/sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Anggota DPR AS: Trump Picu Kebencian pada Islam di Amerika

Figure
Organization