Home / Berita / Daerah / Mulai April, Satpol PP NTB Akan Dibekali Senjata Api

Mulai April, Satpol PP NTB Akan Dibekali Senjata Api

Apel Siaga Satpol PP (inet).  (riauaktual.com)
Apel Siaga Satpol PP (inet). (riauaktual.com)

dakwatuna.com – NTB.  Sepertinya harapan Satpol PP Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk memiliki senjata apa akan segera terlaksana, pasalnya Anggaran Pendapatan Belanja Daerah(APBD) NTB 2015, merestui harapan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk memiliki senjata api.

Pengadaan senjata api standar kepolisian itu, rencananya akan terealisasi pada April 2015. Dengan total anggaran mencapai Rp200 juta, khusus untuk 25 anggota personel Satpol PP Provinsi NTB.

“Pengadaan 25 unit pistol pada April untuk anggota,” ujar Sekretaris Satpol PP NTB, Ali Rahim di Kantor Gubernur NTB, Rabu (18/2/15).

Ali Rahim menjelaskan, dibekalinya Satpol PP dengan senjata api sudah berdasarkan undang-undang. Kebutuhan senpi bagi anggotanya di lapangan diperlukan dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Kata Ali, semua senjata api itu nantinya akan digunakan pada saat melakukan operasi gabungan bersama jajaran penegak hukum lainnya, seperti unsur Polda dan TNI.

“Akan ada tes kejiwaan terlebih dahulu, kerja sama dengan Polda. Jika lolos, izin membawa senpi akan diberikan,” kata Ali.

Menanggapi rencana tersebut, Kapolda NTB, Brigjen Pol Sriyono, mengatakan akan melakukan kajian atas tingkat kebutuhan anggota Satpol PP terhadap penggunaan senjata api.

Sriyono melihat, kebutuhan senjata api bagi Satpol PP dirasa belum dibutuhkan, mengingat fungsi dan kerja Satpol PP di lapangan. Tetapi, kalau memang sudah membutuhkan,

“Nanti, kalau dirasa itu tidak perlu, tidak saya keluarkan izinnya. Tetapi, kalau memang perlu, ya tidak apa-apa,” kata Sriyono.

Tambah Sriyono, kalau memang Satpol PP perlu dipersenjatai, Polisi akan memberikan izin. “Kalau tidak perlu, ya tidak usah. Polisi saja tidak dipersenjatai kok, kalau tidak perlu,” ujarnya menunjuk salah sorang anggota pengawalnya yang tidak dibekali senjata api. (asp/viva/sbb/dakwatuna)

 

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Digelar Pertama Kali, Mukernas Forjim Akan Dibuka Gubernur NTB