(Video) Di Australia, Bola Air Raksasa Jatuh dari Langit

dakwatuna.com – Seorang peternak di pedalaman selatan Queensland, Australia, merekam fenomena unik “bola air raksasa” yang jatuh dari langit. Pria tersebut mengatakan “seperti sebuah bola air yang jatuh”. Rekaman video fenomena tersebut diunggah ke Facebook, 26 Januari 2015 yang lalu.

“Saya baru saja keluar dengan traktor di titik tertinggi melihat hujan datang dan terheran-heran ketika saya melihatnya”, ujarnya.

“Saya melihatnya dan berpikir, ‘wah, terlihat berbeda’, lalu mengambil iPhone saya dan mulai mengambil foto fenomena tersebut dan melihatnya menyentuh tanah dan bergulir keluar,” kata pria yang bernama Thompson itu.

“Kurasa sejak pertama kali saya melihatnya membentuk bola hingga menyentuh tanah butuh waktu sekitar 2 menit. Jatuhnya benar-benar cepat. Kelihatan seperti bagian bawah awan yang jatuh”.

Biro meteorologi setempat mengatakan bahwa fenomena yang dilihat oleh Thompson tersebut sebenarnya semacam downburst yang juga dikenal sebagai microburst.

“Sebuah downburst adalah downdraft yang terkosentrasi, biasanya berlangsung 5 sampai 15 menit, dan kecepatan yang luar biasa tinggi sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada atau dekat tanah”, sebagaimana keterangan pada situs Biro Meteorologi setempat. (abc/dakwatuna/hdn)

Video Courtesy: Facebook / Soil2Soul

Konten ini telah dimodifikasi pada 08/02/16 | 17:41 17:41

Konten Terkait
Disqus Comments Loading...