Home / Berita / Internasional / Afrika / Akhirnya ISIS Bukakan Jalan untuk Mesir Serang Libya

Akhirnya ISIS Bukakan Jalan untuk Mesir Serang Libya

Video ISIS Libya mengeksekusi 21 warga Koptik Mesir (islammemo.cc)
Video ISIS Libya mengeksekusi 21 warga Koptik Mesir (islammemo.cc)

dakwatuna.com – Libya. Militer Mesir mengumumkan bahwa pihaknya telah menyerang sejumlah titik di Libya melalui udara, sebagaimana diberitakan Palestine Times (16/2/2015).

Serangan (yang diklaim berhasil menghancurkan sejumlah markas pertahanan ISIS) tersebut sebagai balasan terhadap pemenggalan 21 warga Koptik Mesir (yang diculik ISIS pada Desember 2014 dan Januari 2015 lalu) baru-baru ini.

Pada hari Minggu sore kemarin (15/2/2015), rezim kudeta As-Sisi menggelar pertemuan mendadak dengan Dewan Keamanan Nasional Mesir membahas video eksekusi warga Koptik Mesir yang disebarkan ISIS Libya melalui situs Youtube.

Setelah pertemuan, presiden kudeta, Abdul Fatah As-Sisi, menegaskan bahwa Mesir akan menuntut balas kekejaman ISIS Libya tersebut pada waktu yang tepat. As-Sisi juga mengumumkan masa berkabung nasioal selama tujuh hari.

Pengamat politik Mesir, Yasir Az-Za’atirah, sebelumnya menyatakan bahwa aksi pemenggalan yang dilakukan ISIS tersebut menjadi pembuka jalan bagi rezim kudeta di Mesir melancarkan serangan militer ke Libya.

Sebelum kejadian ISIS ini, berbagai pihak telah memprediksikan bahwa rezim kudeta di Mesir akan melancarkan serangan militer ke Libya dan membantu kekuatan Haftar (pendukung Qaddafi) untuk mengkudeta kekuatan revolusi yang berhasil menggulingkan Muammar Qaddafi pada tahun 2011 lalu. (paltimes/islammemo/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Kampung Halaman Dibombardir, Warga Idlib Merasa Nyaman di Dekat Pasukan Turki

Organization