Topic
Home / Berita / Daerah / Aher Kukuhkan Dewan Pengurus Besar Forum Perantau Tatar Sunda

Aher Kukuhkan Dewan Pengurus Besar Forum Perantau Tatar Sunda

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan
Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan

dakwtuna.com – Kuta. Perantau tatar Sunda (Jawa Barat dan Banten) yang tersebar di seluruh Indonesia dan berbagai negara kini memiliki satu organisasi lingkup nasional, yakni Forum Komunikasi Masyaraklat Tatar Sunda Pangumbaraan (Forum Sunda Ngumbara). Sebelumnya, warga asal Jabar dan Banten berhimpun dalam paguyuban yang lingkupnya per-provinsi saja.

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ahmad Heryawan yang diamanahkan sebagai Ketua Dewan Pembina Forum Sunda Ngumbara, dalam sambutannya mengatakan, agar pengurus besar Forum Sunda Ngumbara ini, agar mengharumkan nama tata Sunda di kancah nasional.

“Forum Sunda Ngumbara dimaksudkan sebagai wadah untuk menghadirkan lebih banyak kebaikan dan prestasi,” kata Aher saat pengukuhan Forum Sunda Ngumbara, di Kuta, Bali, Sabtu (14/2) malam..

Pria yang akrab disapa Aher ini menyebutkan, beberapa contoh prestasi monumental putra terbaik asal tatar Sunda. Seperti Ir R Djoeanda Kartawidjaja atau Ir Djuanda, Perdana Menteri ke-10 RI, yang berhasil menyatukan kepulauan Indonesia dalam satu kesatuan wilayah NRI, melalui konvensi laut (United Nations Convention on Law of the Sea).

“Karya putra kelahiran Tasikmalaya, Jabar, pada 14 Januari 1911 dimaksud dikenal sebagai Deklarasi Djuanda,” tuturnya.

Selain itu Aher juga menyebutkan sosok pejuang Otto Iskandardinata, putra kelahiran Bojongsoang, Kabupaten Bandung, pada 31 Maret 1897. Lalu, lanjut Aher, juga Wakil Presiden RI ke-4 Umar Wirahadikusumah, pria kelahiran Sumedang, Jawa Barat, pada 10 Oktober 1924.

“Banyak tokoh lainnya. Namun, selain itu, sejarah mencatat tak sedikit peristiwa penting dalam perjalanan bangsa berawal dari tatar Sunda. Tantangan kita sekarang bagaimana mencetak prestasi untuk kejayaan Indonesia ke depan,” papar Aher.

Forum Sunda Ngumbara ini lahir setelah para perwakilan paguyuban di 23 provinsi melakukan musyawarah nasional (munas) sehari sebelumnya.

Munas menyepakati pembentukan Pengurus Besar Forum Komunikasi Masyarakat Tata Sunda Pangumbaraan periode 2015-2019. Terpilih sebagai Ketua Umum A Jaka Bandung dan Sekretaris Jenderal Dr Muhammad Iqbal.

wakil ketua oleh Gubernur Banten, dan sekretaris dijabat Sekretaris Daerah Provinsi Jabar. Ditetapkan pula Dewan Pembina Ahmad Heryawan, dan anggota Dewan Pembina, antara lain, Pangdam III Siliwangi, Kapolda Jabar, dan Ketua Umum Pengurus Besar Paguyuban Pasundan. Selain itu juga Rektor Unpad, ITB, dan IPB.

Hadir pada acara deklarasi dan pengukuhan, Ketua Komisi III DPRD Prov Jabar Didin Supriadin, Wakil Ketua DPRD Jabar Haris Yuliana, Ketua Umum Pengurus Besar Paguyuban Pasundan Prof Dr Didi Turmudzi, peserta munas, dan sekitar 200 warga tatar Sunda di Bali. (abr/dakwatuna)

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

7 Manfaat Traveling saat Libur Kuliah Bareng Teman-Teman

Figure
Organization