Topic
Home / Berita / Daerah / Tak Sesuai Ajaran Islam, Pemkot Payakumbuh Larang Perayaan Valentine’s Day

Tak Sesuai Ajaran Islam, Pemkot Payakumbuh Larang Perayaan Valentine’s Day

Surat edaran pelarangan perayaan Valentine's Day di Kota Payakumbuh. (twitter)
Surat edaran pelarangan perayaan Valentine’s Day di Kota Payakumbuh. (twitter)

dakwatuna.com – Payakumbuh. Pemerintah Kota Payakumbuh mengeluarkan surat edaran tentang larangan merayakan hari valentine’s Day, Jumat (13/2).

“Sesuai dengan adat dan budaya yang berlaku di Minangkabau, yaitu Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah (ABS_SBK) Syara’ Mangato Adat Mamakai, dengan kata lain adat dan budaya Minangkabau berdasarkan ajaran Islam bahwa konsep kasih sayang yang terkandung dalam alentine’s day sangat bertentangan dengan adat dan budaya Minangkabau serta melanggar akidah umat Islam,” demikian point nomor 1 pada surat edaran tersebut.

Selanjutnya, point nomor dua pada surat edaran dengan nomor surat 451/95/SE/WK-PYK/2015 itu menerangkan, bahwa di dalam Islam tidak ada hari tertentu untuk merayakan kasih sayang.

“Islam sangat menitikberatkan soal kasih sayang dan setiap hari di dalam Islam adalah hari kasih sayang. Untuk itu mari tingkatkan rasa kasih sayang antara sesama manusia”.

Terakhir, dalam surat itu tertulis, ajakan kepada masyarakat Payakumbuh untuk mencegah dan melarang siapapun yang ikut-ikutan merayakan Valentine’s Day.

“Kepada Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai serta seluruh masyarakat Kota Payakumbuh supaya mencegah dan melarang warga Kota agar tidak ikut-ikutan merayakan Valentine’s Day kaena tidak sesuai dengan ajaran agama”.

Surat edaran itu dtandatangani oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia Kota Payakumbuh Mismardi, Kepala Kantor Kemenag Kota Payakumbuh Asra Faber, dan Walikota Payakumbuh yang juga kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Riza Falepi. (twitter/abr/dakwatuna)

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

Walikota Payakumbuh Umrahkan 4 Pelajar Penghafal Alquran

Figure
Organization