Topic
Home / Berita / Internasional / Amerika / Desak Pembebasan Wartawan Aljazeera, Istri Aktor Hollywood George Clooney Minta Bertemu As-Sisi

Desak Pembebasan Wartawan Aljazeera, Istri Aktor Hollywood George Clooney Minta Bertemu As-Sisi

Amal Alamuddin, istri George Clooney, warga Inggris keturunan Libanon (time.com)
Amal Alamuddin, istri George Clooney, warga Inggris keturunan Libanon (time.com)

dakwatuna.com – Amerika Serikat. Istri aktor Hollywood George Clooney, Amal Alamuddin, yang berprofesi sebagai pengacara meminta dapat bertemu presiden kudeta Mesir, Abdul Fatah As-Sisi, atau pejabat yang mewakili untuk membicarakan pembebasan wartawan Aljazeera, Muhammad Fahmy.

Dalam salinan surat yang diterima France Press (7/2/2015), Amal menulis, “Saya berkirim surat selaku pengacara Mr. Muhammad Fahmy untuk dapat bertemu muka dengan Anda (Abdul Fatah As-Sisi) atau pejabat yang Anda wakilkan membahas kemajuan perkaranya.”

Amal menambahkan bahwa meskipun pejabat terkait di Mesir telah menginformasikan Fahmy juga akan dibebaskan menyusul wartawan Australia (Peter Greste), namun wartawan Kanada keturunan Mesir itu masih berada di penjara Mesir hingga kini.

Sebulan lalu, pemerintah kudeta membantah telah melarang Amal berkunjung ke Mesir setelah Amal menulis di akun Twitter-nya bahwa dirinya menghadapi ancaman “penangkapan (oleh Mesir).”

Ancaman itu disebabkan oleh partisipasi dirinya dalam menyiapkan laporan untuk Komite Pengacara Internasional pada Februari 2014 mengenai independensi peradilan dan kejaksaan di Mesir.

Sementara terkait Muhammad Fahmy, satu di antara tiga wartawan Aljazeera yang ditangkap Mesir ini telah menyatakan siap melepaskan kewarganegaraan Mesir-nya agar dapat dibebaskan segera seperti Peter Greste, warga negara Australia.

Menlu Kanada John Baird beberapa waktu lalu telah menyatakan bahwa Fahmy akan dibebaskan Mesir dalam waktu dekat. (alyaoum24/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Pemimpin Kudeta As-Sisi Siap Mundur, Tapi dengan Syarat

Figure
Organization