Topic
Home / Berita / Internasional / Amerika / Bakal Capres Suriname (Amerika Latin) Keturunan Indonesia?

Bakal Capres Suriname (Amerika Latin) Keturunan Indonesia?

Raymond Sapoen (kanan), Mendag Suriname yang berasal dari Banyumas (starnieuws.com)
Raymond Sapoen (kanan), Mendag Suriname yang berasal dari Banyumas (starnieuws.com)

dakwatuna.com – Suriname. Raymond Sapoen, Menteri Perdagangan dan Industri Suriname (negara di Amerika Selatan), yang akan mencalonkan diri sebagai Presiden Suriname mengatakan kepada BBC Indonesia dirinya berasal dari Banyumas, Jawa Tengah.

“Saya adalah generasi ketiga. Saya punya catatan tentang leluhur saya, namun yang pasti adalah mereka berasal dari Banyumas,” kata Raymond dalam percakapan telepon dari Paramaribo, Suriname, pukul 20.00 waktu setempat atau Jumat (6/2/2015) pukul 06.00 WIB.

“Saya tidak tahu persis apakah masih ada saudara, saya tidak punya kontak, saya perlu riset lagi,” tambah Raymond dalam campuran bahasa Jawa dan Inggris.

“Aku tinggal di Suriname, anakku telu, lanang….Aku arep dadi Presiden Republik Suriname, partaiku jenengane Pertjaja Luhur (anak saya tiga, saya mencalonkan diri jadi presiden dari Partai Pertjaja Luhur),” kata Raymond memastikan soal pencalonannya.

Pemilihan presiden Suriname akan dilangsungkan tanggal 25 Mei mendatang. Sejumlah laporan dari Indonesia dalam satu minggu terakhir ini mengangkat berita tentang kemungkinan keterkaitan Sapoen dengan Banyumas.

Walaupun sudah tiga generasi tinggal di Suriname, ia mengatakan tetap menggunakan bahasa Jawa dengan orang tua dan juga anak-anaknya.

“Kami tidak menggunakan bahasa Indonesia, namun bahasa Jawa. Orang tua saya bicara bahasa Jawa. Anak-anak saya dalam pendidikannya menggunakan bahasa Belanda, namun di rumah kami berbahasa Jawa.”

“Ini budaya kami, kebiasaan kami, dan kami harus merangkulnya karena bagian dari identitas kami,” katanya lagi. Raymond Sapoen mengatakan akan mengirimkan catatan silsilah keluarganya yang berasal dari Banyumas.

Republik Suriname adalah sebuah negara pesisir pantai Atlantik di timur laut Amerika Selatan, berbatasan dengan Guiana di sebelah timur, Guyana di barat, dan Brazil di selatan. (bbc/wikipedia/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

pemilu

Pemilu 2019, PKS Akan Ajukan Capres Sendiri

Figure
Organization