Topic
Home / Berita / Internasional / Afrika / HAM: Sikap As-Sisi yang Anti Politik Islam, Giring Kubu Islamis Bergabung ke ISIS

HAM: Sikap As-Sisi yang Anti Politik Islam, Giring Kubu Islamis Bergabung ke ISIS

Logo Human Rights Watch. (theonlinecitizen.com)
Logo Human Rights Watch. (theonlinecitizen.com)

dakwatuna.com – Kairo. Lembaga HAM Internasional, Human Right Watch melaporkan, bahwa kebijaka politik yang dilakukan oleh pimpinan Mesir, Abdulfatah As-Sisi, secara tidak langsung telah memberi pesan agar para penentangnya bergabung dengan kelompok radikal ISIS. Sebagaimana yang dituliskan di dalam laporan tahunan mereka untuk tahun 2015 ini.

Laporan yang diterbitkan pada hari Jumat (6/2/2014) di Doha, Qatar menyebutkan, bahwa perang terhadap organisasi ISIS tidak akan berhasil dan berakhir buntu. Lembaga ini kemudian menyarankan kepada Aliansi Internasional yang melakukan serangan ke ISIS untuk melakukan kajian ulang terhadap tindakan mereka, karena yang terjadi justru pelanggaran terhadap hak-hak warga sipil.

Direktur pelaksanan urusan Timur Tengah di lembaga HAM tersebut, Sarah Leah Whitson dalam konferensi persnya mengatakan, organisasi ini mengkritik keras sikap dari pemerinatahan yang ada di Barat terhadap ISIS, namun diam terhadap tindakan radikal serupa ISIS yang dilakukan oleh rezim kudeta di Mesir.

Ia kemudian berpendapat, tindakan rezim militer Mesir terhadap rakyatnya saat ini, justru akan mendorong para pemuda di sana untuk mendaftarkan diri menjadi anggota ISIS, karena peluang untuk politik Islam sudah ditutup rapat-rapat di Mesir. Sehingga opsi pilihannya bergabung kepada kelompok seperti ISIS atau Al-Qaeda, yang menggiring anggotanya untuk menjadikan kekerasan sebagai solusi. (msy/imo/dakwatuna)

Redaktur:

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Wakil Direktur Studi Informasi Alam Islami (SINAI) Mesir 2008

Lihat Juga

Koalisi AS Gempur Benteng Terakhir ISIS di Suriah

Figure
Organization