Topic
Home / Berita / Silaturahim / PWNU Lampung dan Masyarakat Lamtim Peringati Haul Syaikh Abdul Qodir Jailani

PWNU Lampung dan Masyarakat Lamtim Peringati Haul Syaikh Abdul Qodir Jailani

Ketua PWNU Lampung KH RM Soleh Bajuri saat memberikan ceramahnya kepada jamaah Haul Syaikh Abdul Qodir Jailani, di Desa Bumi Jawa Kecamatan Batang Hari Nuban Lampung Timur, Ahad (4/2)
Ketua PWNU Lampung KH RM Soleh Bajuri saat memberikan ceramahnya kepada jamaah Haul Syaikh Abdul Qodir Jailani, di Desa Bumi Jawa Kecamatan Batang Hari Nuban Lampung Timur, Ahad (4/2)

dakwatuna.com – Lampung Timur. Peringatan Haul Syaikh Abdul Qodir Jailani, seorang sufi yang dikenal sebagai pendiri Tarekat Qadariyah, setiap tahunnya selalu meriah di Desa Bumi Jawa Kecamatan Batang Hari Nuban Lampung Timur.

Dalam haul yang digelar pada Ahad (2/2) ini, turut hadir Anggota DPRD Lampung Timur, para tokoh masyarakat alim ulama dari berbagai daerah. Para jamaah sejak pukul 07.00 WIB sudah memenuhi halaman masjid. Dalam peringatan Haul Akbar kali ini KH RM Soleh Bajuri Ketua PWNU Lampung diminta untuk memberikan ceramah di depan ribuan masyarakat Lampung Timur yang hadir.

Ketua Pelaksana Peringatan Haul Syaikh Abdul Qodir Jailani Saifudin mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun di Desa Bumi Jawa Kecamatan Batang Hari Nuban Lampung Timur, sebagai wujud kecintaan pada sosok yang telah berjasa dalam pembangunan keagamaan yaitu Syaikh Abdul Qodir Jailani.

Sementara itu, KH RM Soleh Bajuri dalam ceramahnya mengatakan Syaikh Abdul Qodir Jailani adalah tokoh kharismatik yang selalu menjadi kenangan kaum muslimin. Hampir setiap hari mereka memanjatkan doa kepada Allah dengan berwasilah, Syaikh Abdul Qadir Jailani. Berwasilah atau bertawasul, merupakan upaya memanjatkan doa kepada Allah melalui seseorang yang diyakini mempunyai kedekatan yang sangat akrab dengan Allah SWT, seperti Rasulullah SAW, beberapa sahabat yang terpilih, juga para ulama besar dan waliyullah seperti Syaikh Abdul Qadir Jailani.

KH RM Soleh menuturkan, banyak karomah yang ada pada Syaikh Abdul Qadir Jailani yang sangat popular dan mungkin kita semua sudah pernah mendengar dan membacanya. Suatu hari Syaikh Adi ibnu Musafir Al-Hakkar, seorang ulama, berada diantara ribuan jemaah yang tengah mendengarkan pengajian Syaikh Abdul Qadir Jailani.

Ketika Syaikh Abdul Qadir sedang bicara, lanjut KH RM Soleh, tiba-tiba hujan turun sangat lebat, orang-orang berlarian meninggalkan tempat pengajian, sementara langit mendung di liputi awan hitam, menandakan hujan akan turun semakin lebat. Saat itu Syaikh Abdul Qadir mendongak ke langit sambil mengangkat tangan, lalu berdoa, “Ya Robbi, aku telah mengumpulkan manusia karena engkau, adakah kini Engkau akan menghalau mereka?” ajaib! Tak lama kemudian hujan pun reda, tak setitik hujan pun jatuh di lokasi pengajian, padahal di sekelilingnya hujan turun dengan sangat derasnya.

“Dan masih banyak lagi karomah dari Syaikh Abdul Qadir Jailani,” pungkas KH RM Soleh Bajuri. (abr/dakwatuna)

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

PWNU Lampung Menandatangani Aset NU di Hadapan PPAT

Figure
Organization