Home / Pemuda / Pengetahuan / (Video) Begini Rasanya Bergerak dengan Kecepatan Cahaya

(Video) Begini Rasanya Bergerak dengan Kecepatan Cahaya

[vimeo 117815404 640]

dakwatuna.com – Cahaya adalah energi berbentuk gelombang elekromagnetik yang kasat mata dengan panjang gelombang sekitar 380–750 nm. Cahaya dikenal memiliki gerakan yang sangat cepat dengan laju 3 x 10^8 m/s. Dengan kata lain, dalam 1 detik cahaya dapat bergerak kurang lebih 300 juta meter.

Bagaimana rasanya bergerak dengan laju secepat itu? Sebuah video yang dimuat di Vimeo oleh Alphonse Swinehart, Senin (26/1/2015), mensimulasikan gerakan dengan kecepatan cahaya tersebut. Gerakan dimulai dari matahari menuju planet Jupiter. Butuh sekitar 45 menit untuk bergerak dari Matahari ke Jupiter. Subhanallah. Alphonse Swinehart memberi judul video tersebut dengan judul “riding light” (mengendarai cahaya).

Jika dilihat dari ruang sejauh pandangan mata kita, kecepatan cahaya pasti terasa sangat cepat. Namun jika dilihat dari jarak yang sangat jauh di alam semesta, tampaknya kecepatan cahaya terasa relatif lambat, hal ini terlihat dari video tersebut ketika kita melewati planet, tidak secepat yang kita bayangkan. (dakwatuna/hdn)

Video Courtesy: Vimeo / Alphonse Swinehart

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Khutbah Shalat Gerhana Bulan