Topic
Home / Berita / Daerah / MenPAN Kaget Ahok Ingin Naikkan Gaji PNS Selangit

MenPAN Kaget Ahok Ingin Naikkan Gaji PNS Selangit

Meneri Pendaygunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi. (palingaktual.com)
Meneri Pendaygunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi. (palingaktual.com)

dakwatuna.com – Jakarta. Rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang akan menaikan gaji pegawai negeri sipil (PNS) DKI Jakarta mendapat tanggapan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Birokrasi dan Reformasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi. Yuddy mengaku sempat kaget dengan rencana Pemerintah Provinsi DKI tersebut.

“Kebijakan yang diambil pak Gubernur DKI ini memang menggetarkan wilayah-wilayah lain dan cukup membuat terkaget-kaget banyak pihak kenapa penghasilan aparatur sipil di DKI itu begitu besar dibandingkan daerah-daerah lain,” ujar Yuddy di Balai Kota Jakarta, seperti yang dikutip dari inilah.com, Selasa (3/2/2015).

Menurut Yuddy, kedatangannya ke Balai Kota memang sengaja untuk bertemu Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) untuk mendengarkan penjelasan soal rencana kenaikan gaji PNS DKI.

Dia menjelasan, keterangan Ahok soal kenaikan gaji PNS sangat penting untuk menentukan layak atau tidaknya wacana kenaikan gaji selangit PNS DKI diterapkan.

“Dari penjelasan yang disampaikan, memang sesuai ketentuan dan peraturan ada batas maksimum yang tidak boleh dilanggar di dalam biaya pegawai. Yaitu tidak boleh lebih 30% dari APBDnya, dan untuk provinsinya 25% lalu biaya pegawai di DKI ini 24%. Jadi pertama lebih rendah,” katanya.

Pendapatan besar PNS DKI tidak hanya murni dari gaji pokok. Menurutnya, sebab gaji selangit yang diumbar-umbar oleh Ahok meliputi gaji pokok, tunjangan kinerja organisasi, dan tunjangan kinerja individu.

“Lalu tunjangan kemahalan. Setiap daerah memiliki tunjangan yang beda-beda, disesuaikan dengan kemampuan pengelolaan daerah masing-masing,” katanya. (ris/inilah/abr/dakwatuna)

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

APPERTI: Kebijakan Menteri Nasir Harus Dibarengi Peningkatan Kesejahteraan Dosen Lokal

Figure
Organization