Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Korea Selatan Lirik Pasar Kosmetik Halal

Korea Selatan Lirik Pasar Kosmetik Halal

Ilustrasi logo halal (mysharing.co)
Ilustrasi logo halal (mysharing.co)`

dakwatuna.com – Korea Selatan. Pasar kosmetika halal mencapai nilai 46 miliar dolar AS atau 6,8 persen dari total pengeluaran pembelanjaan kosmetika dunia. Tak heran jika produsen kosmetika Korea Selatan pun mulai melirik sertifikasi halal terhadap produknya.

Pasar kosmetika muslim diperkirakan akan mencapai 73 miliar dolar pada 2019. Melihat besarnya potensi pasar tersebut, tak ayal membuat banyak perusahaan asal Korea yang mulai membidik pasar muslim sebagai target pemasaran.

Namun baru segelintir yang mampu masuk ke pasar tersebut. Diantaranya Talent Cosmetic yang memperoleh sertifikat halal dari pemerintah Malaysia untuk 150 produknya. Selain itu, ada pula Pulmuone yang sudah masuk ke Indonesia dan Malaysia.

Belum banyak produk kosmetik asal Korea yang dikenal oleh konsumen. Namun, merebaknya wabah budaya pop Korea, atau dikenal dengan Hallyu, dinilai akan turut membantu mempromosikan produk kosmetik Korea. Tak dipungkiri memang sudah ada produk kosmetik Korea yang diekspor ke negara-negara mayoritas muslim tanpa sertifikat halal. Tetapi, dengan dilengkapi sertifikat halal produk kosmetik Korea pun dinilai akan dapat menjadi pilihan bagi konsumen muslim.

Dalam Thomson Reuters State of the Global Islamic Economy Report 2014/2015 disebutkan pasar kosmetika muslim adalah pasar keempat terbesar secara global, setelah Amerika Serikat (81 miliar dolar), Jepang (78 miliar dolar) dan Cina (49 miliar dolar). Sementara negara dengan konsumsi kosmetika halal terbesar adalah Uni Emirat Arab (4,9 miliar dolar), Turki (4,4 miliar dolar), India (3,5 miliar dolar), Rusia (3,4 miliar dolar) dan Indonesia (3,4 miliar dolar).

Di Indonesia, setidaknya ada 15 perusahaan yang memiliki produk halal. Berdasar Info Produk Halal yang dirilis Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), perusahaan-perusahaan tersebut adalah Wardah, Sariayu, Biokos, Ristra, La Tulipe, Marcks Venus, Caring Colors, PAC, Mustika Ratu, Moors, Mustika Puteri, Biocell, Theraskin, Freya, dan Rivera. (mysharing/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Semusim Cinta, Ajang Menambah Ilmu dan Silaturahim Akbar WNI Muslimah Se-Korea Selatan

Figure
Organization