Topic
Home / Berita / Nasional / Selama 5000 tahun, Api ini Tak Pernah Padam

Selama 5000 tahun, Api ini Tak Pernah Padam

Gunung Wingen, New South Wales, Australia.  (liputan6.com)
Gunung Wingen, New South Wales, Australia. (liputan6.com)

dakwatuna.com – Australia.  Api merupakan salah satu unsur alam yang diciptakan bersama dengan dunia. Namun, adakah api yang tak pernah padam? Ternyata ada. Bahkan, api ini tak pernah padam hingga 5.500 tahun lamanya!

Berlokasi dibawah permukaan gunung berapi di Australia, yang juga dikenal sebagai Gunung Wingen, New South Wales, api ini berlokasi. Wingen sendiri dalam bahasa Aborigin berarti Api. Legenda Suku Aborigin menyebut api ini sebagai air mata seorang wanita yang dibuang ke bumi oleh Dewa Langit.
Lapisan batubara yang menjadi titik api tak pernah padam ini berlokasi 90 meter di bawah permukaan gunung, dan ia menyala terus sepanjang keberadaannya di planet ini.

Bangsa Aborigin kuno menggunakan api ini untuk memasak makanan dan membuat alat. Ketika seorang pemukim Australia menemukan gunung ini pada tahun 1828, ia berasumsi bahwa ia telah menemukan sebuah gunung berapi.

Dilansir melalui laman New York Post, dijelaskan bahwa situasi di lokasi tempat api tersebut berada dilingkupi dengan bau belerang tajam serta permukaan sepanas 350 derajat.
Saat ini, gunung berasap dan pemandangan unik ini telah menjadi objek wisata. Namun sebuah catatan negatif tertulis di Atlas Obscura, bahwa keberadaan ‘api yang tak pernah padam’ ini juga telah menyebabkan kerusakan ekologi besar-besaran untuk vegetasi di daerah itu. Jalur api telah meninggalkan jejak tandus dan berbatu, tanpa jejak kehidupan. (Liz/liputan6/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Indonesia Dalam Cengkraman Komersialisasi Sumber Daya Alam

Figure
Organization