Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Utusan Kunjungi Yordania, Jepang Negosiasi Bebaskan Warganya dari ISIS?

Utusan Kunjungi Yordania, Jepang Negosiasi Bebaskan Warganya dari ISIS?

Deputi Menlu Jepang Nakayama di Amman (yahoo.com)
Deputi Menlu Jepang Nakayama di Amman (yahoo.com)

dakwatuna.com – Jepang. Deputi Menlu Jepang, Yasuhide Nakayama, mengumumkan dalam kunjungannya (27/1/2015) ke Amman bahwa Jepang menjajaki kerja sama dengan Yordania untuk membebaskan seorang wartawannya yang ditawan ISIS bersama seorang pilot warga negara Yordania.

Nakayama menyatakan bahwa keselamatan pilot Yordania dan warganya menjadi perhatian utama Jepang saat ini. Kerja sama yang solid antara kedua negara diharapkan mampu menyelamatkan kedua sandera tersebut.

Yordania bergabung dengan pasukan NATO dalam memerangi kelompok radikal ISIS di Suriah dan Irak. Salah seorang pilotnya ditawan ISIS setelah pesawatnya jatuh di wilayah Riqqah, Suriah.

Sementara Jepang masuk dalam pusaran konflik dengan ISIS setelah dua orang warganya ditawan kelompok tersebut (satu di antaranya diberitakan telah dieksekusi ISIS).

Saat ini ISIS menawarkan barter pembebasan warga Jepang yang tersisa dengan wanita warga Irak yang ditahan Yordania dan menunggu eksekusi hukuman mati atas dakwaan melakukan peledakan di Yordania.

Berbagai pihak menilai, upaya Jepang untuk meminta Yordania agar memenuhi tuntutan ISIS akan menemui kesulitan, karena Yordania tentu akan memprioritaskan pembebasan pilotnya dari tangan ISIS. (islammemo/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Parlemen Yordania Desak Pemerintah Usir Dubes Israel

Figure
Organization