Topic
Home / Berita / Nasional / Ini Penyebab Badan Pesawat AirAsia QZ8501 Kembali Gagal Diangkat ke Permukaan

Ini Penyebab Badan Pesawat AirAsia QZ8501 Kembali Gagal Diangkat ke Permukaan

Puing-puing AirAsia QZ8501. (kompas.com)
Puing-puing AirAsia QZ8501. (kompas.com)

dakwatuna.com – Jakarta. Badan utama pesawat AirAsia QZ8501 kembali gagal diangkat ke permukaan pada Ahad (25/1) pagi. Hal ini dikarenakan tali baja sling rope belt yang terhubung dengan balon pengapung (lifting bag) terputus. Ini kali kedua tim SAR gabungan gagal mengangkat badan utama pesawat AirAsia QZ8501 itu.

“Jadi, ada tali rope belt yang sudah dipasang, terputus,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama Manahan Simorangkir di Posko Utama Pencarian AirAsia QZ8501, Lanud Iskandar, Pangkalan Bun, Kalteng, seperti yang dikutip dari kompas.com, Ahad (25/1).

Sebelumnya, tali sling yang mengikat rangka badan pesawat juga terputus dan mengakibatkan badan pesawat jatuh kembali ke dasar laut pada Sabtu (24/1) kemarin.

Sejak pukul 06.00 WIB pagi tadi, lanjut Manahan, tim penyelam TNI AL sudah berupaya untuk memasang dan mengikat tali sling dengan baik dan rapi ke rangka badan pesawat dan lifting bag sebagai alat pengangkatnya. Tim penyelam pun sudah enam kali memeriksa kondisi dan kerapian pengikatan tali baja tersebut.

Namun, ungkap Manahan, tali tersebut terputus beberapa saat setelah dilakukan pengangkatan badan pesawat dengan pengisian gas ke empat lifting bag.

Diketahui, hingga hari ke-28 masa pencarian pada Sabtu (24/1/2015) kemarin, tim SAR gabungan sudah menemukan dan mengangkat 69 jenazah korban pesawat AirAsia QZ8501.

Seluruh jenazah korban sudah diterbangkan dengan pesawat dari Lanud Iskandar, Pangkalan Bun, Kalteng ke Lanud Juanda, Surabaya, Jawa Timur, untuk keperluan proses identifikasi. Diperkirakan 93 penumpang dan awak pesawat AirAsia QZ8501 lainnya masih berada di dalam dan sekitar badan pesawat nahas tersebut. (kompas/abr/dakwatuna)

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

Doa Terbaik untuk Ayahanda Harvino, Co-pilot Pesawat Lion Air dan Ayah bagi 10 Anak Yatim

Figure
Organization