Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Arab Saudi dan Ikhwanul Muslimin Akan Rujuk Tahun Ini?

Arab Saudi dan Ikhwanul Muslimin Akan Rujuk Tahun Ini?

Presiden Mursi saat berkunjung ke Saudi (akhbaar24.com)
Presiden Mursi saat berkunjung ke Saudi (akhbaar24.com)

dakwatuna.com – Riyadh. Sebuah riset di lembaga Stratfor di Amerika memperkirakan akan terjadinya rujuk antara kerajaan Arab Saudi dan berbagai gerakan Islam terutama Ikhwanul Muslimin. Seperti dilansir Rassd, Sabtu (24/1/2015) kemarin.

Lebih lanjut dikatakan bahwa kekuatan Sunni yang direpresentasikan oleh Saudi akan mengeluarkan kebijakan baru yang lebih membuka diri untuk gerakan-gerakan politik Islam yang moderat. Hal itu menurutnya adalah untuk membendung pengaruh kuat Iran di Timur Tengah dan semakin kuatnya kelompok-kelompok Islam jihad.

Selain itu, pembaharuan sikap politik ini bertujuan untuk menemukan solusi bagi krisis yang terus melanda Suriah, Irak, Libya, dan Mesir. Hal itu hanya bisa dilakukan dengan rujuk kepada Ikhwanul Muslimin, dan kembali berdiplomasi dengan Qatar dan Turki.

Pada tahun 2015 ini, menurut Stratfor, kawasan Timur Tengah masih akan terus dilanda krisis. Masalah di Libya masih akan menjadi ancaman bagi ketidakstabilan di Afrika bagian utara. Sementara itu, kabut tebal masih menyelimuti kondisi politik di dunia Arab bagian timur dan negara-negara Teluk. Hal itu disebabkan masih terus berjalannya perundingan antara Amerika Serikat dan Iran, ditambah perang Sunni-Syiah di Suriah dan Irak.

Turki yang seharusnya banyak berperan kini disibukkan dengan permasalahan dalam negeri, sehingga mengurangi perannya di Timur Tengah. Negara-negara Teluk juga semakin direpotkan dengan jatuhnya harga minyak dunia yang semakin terjun bebas. (msa/dakwatuna)

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Mursyid Ikhwanul Muslimin Divonis Hukuman Seumur Hidup

Figure
Organization