Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Misteri Batu Terbelah Dua di Padang Pasir Arab Saudi

Misteri Batu Terbelah Dua di Padang Pasir Arab Saudi

Al Naslaa, batu terbelah dua di gurun pasir Tayma, Arab Saudi.  (detikl.com)
Al Naslaa, batu terbelah dua di gurun pasir Tayma, Arab Saudi. (detikl.com)

dakwatuna.com – Madinah.  Panorama Padang Pasir Tayma sebenarnya sama seperti padang pasir lainnya di Timur Tengah, yang gersang tanpa ada kehidupan manusia.

Padang Pasir Tayma lokasinya ada di barat laut Arab Saudi, atau di pertengahan antara Kota Madinah dan Dumah. Kota paling dekat adalah Tabouk yang berjarak 264 km dari padang pasirnya.

Namun ternyata,, Padang Pasir Tayma memiliki suatu misteri yang belum terpecahkan bernama Al Naslaa. Al Naslaa adalah batu raksasa di tengah Padang Pasir Tayma, yang berselimut misteri. Lihatlah, batunya terbelah dua bagai ditebas pedang.
Dari penelusuran ke situs Arabian Rock Art Heritage yang diberitakan detikTravel, Kamis (22/1/15) Al Naslaa merupakan batu yang unik. Betapa tidak, batu yang berukuran besar ini terlihat terbelah dua yang tegak lurus. Jika diperhatikan, belahannya bak seperti ditebas oleh pedang.

Bahkan, kedua batu yang terbelah itu masing-masing memiliki penyangga berupa batu kecil di bagian bawahnya. Suatu formasi batu yang mampu membuat ahli arkeolog geleng-geleng kepala dan dianggap sebagai misteri.

Hingga kini, belum ada teori memuaskan mengenai Al Naslaa. Ada yang beranggapan, kalau itu hanyalah hasil pengikisan bebatuan karena kandungan mineral yang terdapat di bagian yang terbelah lebih sedikit. Tapi tetap saja, ahli arkeolog bertanya-tanya, bagaimana bisa lurus begitu belahan pada batunya? Bisa bertahan sampai kapan batunya sebelum jatuh?

Satu lagi, ternyata terdapat lukisan kuno di permukaan batu Al Naslaa ini. Ada lukisan berupa kuda dan manusia di dekat bagian yang terbelah. Tapi tentu saja, lukisan itu sampai kini belum terungkap asal muasalnya.

Keberadaan Al Naslaa masih jadi misteri sampai sekarang. Jika fenomena batu tripod di AS dibilang ajaib, maka batu terbelah dua di Arab Saudi ini lebih ajaib lagi. (detiktravel/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.
Figure
Organization