Topic
Home / Dasar-Dasar Islam / Fiqih Islam / Fiqih Ahkam / Sunnah dan Larangan Pada Tubuh Manusia (Bag. Kelima)

Sunnah dan Larangan Pada Tubuh Manusia (Bag. Kelima)

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
ilustrasi berjilbab (gambardanfoto.com)
ilustrasi berjilbab (gambardanfoto.com)

dakwatuna.com –ย Islam adalah agama yang sempurna yang meliputi semua sisi kehidupan manusia. Kesempurnaannya itu sesuai dan sejalan fitrah manusia. Termasuk di antaranya urusan akhlak dan penampilan, Islam pun tidak melupakannya. Diatur secara rapi, seimbang, dan pantas. Inilah perbedaaanya dengan agama lain, sekaligus keistimewaanya. Namun banyak umat Islam yang melupakannya, arus globalisasi, terlebih westernisasi, yang tidak dibarengi kekuatan filter aqidah, membuat umat Islam kehilangan identitas dan semakin jauh dan terasing dari ajaran agamanya dan sunah-sunah nabinya.

  1. Memendekkan rambut bagi wanita

Dibolehkan memendekkan rambut bagi wanita selama tidak menyerupai orang kafir dan tidak menyerupai laki-laki. Sebagaimana riwayat berikut:

ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ู…ูู†ู‘ูŽุง ู…ูŽู†ู’ ุชูŽุดูŽุจู‘ูŽู‡ูŽ ุจูุบูŽูŠู’ุฑูู†ูŽุง

Bukan golongan kami orang yang menyerupai selain kami. (HR. At Tirmdizi No. 2695. Ath Thabrani, Musnad Asy-Syamiyyin No. 503, juga dalam Al-Awsath No. 7380, Al-Qudhaโ€™i, Musnad Asy-Syihab No.1191, Syaikh Al-Albani mengatakan: hasan. Lihat Shahihul Jamiโ€™ No. 5434)

Dari Ibnu Abbas Radhiallahu โ€˜Anhuma, katanya:

ู„ูŽุนูŽู†ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุงู„ู’ู…ูุชูŽุฑูŽุฌู‘ูู„ุงุชู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ูุณูŽุงุกูุŒ ูˆูŽุงู„ู’ู…ูุฎูŽู†ู‘ูŽุซููŠู†ูŽ ู…ูู†ูŽ ุงู„ุฑู‘ูุฌูŽุงู„ูŽ

Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam melaknat wanita yang menyerupai laki-laki, dan laki-laki yang menyerupai wanita. (HR. Ahmad No. 2006. Syaikh Syuโ€™aib Al-Arnauth mengatakan: isnadnya shahih sesuai standar Imam Al-Bukhari. Lihat Taโ€™liq Musnad Ahmad No. 2006)

Bagi wanita hanya dibolehkan memendekkan (at taqshir) saja, tidak dibolehkan menggundulinya. Hal ini berdasarkan hadits berikut ini.

Dari Ibnu Abbas Radhiallahu โ€˜Anhuma, bahwa Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam bersabda:

ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู†ูู‘ุณูŽุงุกู ุญูŽู„ู’ู‚ูŒ ุŒ ุฅูู†ูŽู‘ู…ูŽุง ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู†ูู‘ุณูŽุงุกู ุงู„ุชูŽู‘ู‚ู’ุตููŠู’ุฑู

Wanita tidaklah dicukur habis rambutnya, tetapi hanyalah dipendekkan saja. (HR. Abu Daud No. 1983, Ad-Darimi No. 1936, Ad-Daruquthni No. 2666, 2667, Al-Baihaqi, As-Sunan Al-Kubra No. 9404, Ath Thabarani, Al-Kabir No. 13018. Syaikh Husein Salim Asad Ad-Darani mengatakan dalam tahqiqnya atas Sunan Ad-Darimi: isnadnya shahih. Syaikh Al-Albani juga menshahihkan. Lihat Shahihul Jamiโ€™ No. 5403)

Dari โ€˜Aisyah Radhiallahu โ€˜Anha, katanya:

ู†ู‡ู‰ ุฃู† ุชุญู„ู‚ ุงู„ู…ุฑุฃุฉ ุฑุฃุณู‡ุง

Nabi melarang kaum wanita menggunduli kepalanya. (HR. At Tirmidzi No. 915)

Menurut Imam At Tirmdizi sanad hadits ini idhtirab โ€“ guncang (Ibid), sehingga dia dhaif. Idhtirab-nya sanad hadits ini karena Hamam meriwayatkannya kadang katanya dari Ali, kadang dari โ€˜Aisyah. Lalu, hadits ini juga terputus sanadnya (munqathiโ€™) antara Qatadah kepada Aisyah, bahwa Qatadah tidaklah mendengarkan hadits ini dari โ€˜Aisyah.(Silsilah Adh Dhaโ€™ifah No. 278)

Namun, demikian hadits ini telah diamalkan oleh para ulama sebagaimana dijelaskan oleh Imam At Tirmidzi sendiri, sebagai berikut:

ูˆุงู„ุนู…ู„ ุนู„ู‰ ู‡ุฐุง ุนู†ุฏ ุฃู‡ู„ ุงู„ุนู„ู… ู„ุง ูŠุฑูˆู† ุนู„ู‰ ุงู„ู…ุฑุฃุฉ ุญู„ู‚ุงุŒ ูˆูŠุฑูˆู† ุฃู† ุนู„ูŠู‡ุง ุงู„ุชู‚ุตูŠุฑ.

Para ulama mengamalkan hadits ini, bagi mereka tidak boleh wanita menggunduli kepalanya, bagi mereka yang benar adalah memendekkan saja. (Sunan At Tirmidzi No. 915)

  1. Memanjangkan Rambut Bagi Kaum Laki-Laki

Ada pun laki-laki, tidak boleh pula menyerupai wanita dalam hal model dan ukuran panjang rambut. Paling panjang laki-laki dibolehkan sampai atas bahu dan sebagian telinga, sebagaimana dicontohkan nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam. Bahkan para sahabat ada yang disebut dengan jummiyyun yaitu para sahabat nabi yang rambutnya gondrong-gondrong sampai menyentuh bahu bagian atas. Selebih dari itu tidak boleh karena menyerupai wanita.

Dari โ€˜Aisyah Radhiallahu โ€˜Anha, katanya:

ูƒูู†ู’ุชู ุฃูŽุบู’ุชูŽุณูู„ู ุฃูŽู†ูŽุง ูˆูŽุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู… ูŽ ู…ูู†ู’ ุฅูู†ูŽุงุกู ูˆูŽุงุญูุฏู ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ู„ูŽู‡ู ุดูŽุนู’ุฑูŒ ููŽูˆู’ู‚ูŽ ุงู„ู’ุฌูู…ู‘ูŽุฉู ูˆุฏูˆู† ุงู„ูˆูุฑุฉ

Saya pernah mandi bersama Rasulullah Shalallahu โ€˜Alaihi wa Sallam di satu bejana, rambut Beliau itu menjuntai sampai di atas bahu dan di bawah telinga. (HR. At Tirmidzi No. 1755, juga dalam Asy-Syamail No. 22, katanya: hasan shahih. Al-Baghawi, Syarhus Sunnah No. 3187)

Dari Anas bin Malik Radhiallahu โ€˜Anhu, katanya:

ูƒูŽุงู†ูŽ ุดูŽุนู’ุฑู ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‡ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู… ูŽ ุฅู„ู‰ ู†ุตู ุฃุฐู†ูŠู‡

Rambut Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam itu panjangnya sampai menutupi setengah telinganya. (HR. An-Nasaโ€™i No. 5234, At Tirmidzi, Asy-Syamail, No. 21, Al-Baghawi, Syarhus Sunnah No. 3638. Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Mukhtashar Asy-Syamail No. 21)

  1. Memakai minyak rambut

Dari Salman Al-Farisi Radhiallahu โ€˜Anhu, katanya: Bahwa Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam bersabda:

ู„ุงูŽ ูŠูŽุบู’ุชูŽุณูู„ู ุฑูŽุฌูู„ูŒ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ุฌูู…ูุนูŽุฉูุŒ ูˆูŽูŠูŽุชูŽุทูŽู‡ู‘ูŽุฑู ู…ูŽุง ุงุณู’ุชูŽุทูŽุงุนูŽ ู…ูู†ู’ ุทูู‡ู’ุฑูุŒ ูˆูŽูŠูŽุฏู‘ูŽู‡ูู†ู ู…ูู†ู’ ุฏูู‡ู’ู†ูู‡ูุŒ ุฃูŽูˆู’ ูŠูŽู…ูŽุณู‘ู ู…ูู†ู’ ุทููŠุจู ุจูŽูŠู’ุชูู‡ูุŒ ุซูู…ู‘ูŽ ูŠูŽุฎู’ุฑูุฌู ููŽู„ุงูŽ ูŠูููŽุฑู‘ูู‚ู ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุงุซู’ู†ูŽูŠู’ู†ูุŒ ุซูู…ู‘ูŽ ูŠูุตูŽู„ู‘ููŠ ู…ูŽุง ูƒูุชูุจูŽ ู„ูŽู‡ูุŒ ุซูู…ู‘ูŽ ูŠูู†ู’ุตูุชู ุฅูุฐูŽุง ุชูŽูƒูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุงู„ุฅูู…ูŽุงู…ูุŒ ุฅูู„ู‘ูŽุง ุบูููุฑูŽ ู„ูŽู‡ู ู…ูŽุง ุจูŽูŠู’ู†ูŽู‡ู ูˆูŽุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุงู„ุฌูู…ูุนูŽุฉู ุงู„ุฃูุฎู’ุฑูŽู‰

Tidaklah seorang laki-laki mandi pada hari Jumat, dia bersuci sebersih bersihnya, dia memakai minyak rambut, atau memakai minyak wangi yang ada di rumahnya, lalu dia keluar menuju masjid tanpa membelah barisan di antara dua orang, kemudian dia shalat sebagaimana dia diperintahkan, lalu dia diam ketika imam berkhutbah, melainkan akan diampuni sejauh hari itu dan Jumat yang lainnya. (HR. Bukhari No. 883)

Banyak riwayat yang menceritakan bahwa Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam meminyaki rambutnya, bahkan janggutnya. Rabiโ€™ah bin Abdurrahman Radhiallahu โ€˜Anhu bercerita:

ููŽุฑูŽุฃูŽูŠู’ุชู ุดูŽุนูŽุฑู‹ุง ู…ูู†ู’ ุดูŽุนูŽุฑูู‡ูุŒ ููŽุฅูุฐูŽุง ู‡ููˆูŽ ุฃูŽุญู’ู…ูŽุฑู ููŽุณูŽุฃูŽู„ู’ุชู ููŽู‚ููŠู„ูŽ ุงุญู’ู…ูŽุฑู‘ูŽ ู…ูู†ูŽ ุงู„ุทู‘ููŠุจู

Aku melihat rambut di antara rambut-rambut nabi, jika warnanya menjadi merah aku bertanya maka dijawab: merah karena minyak wangi. (HR. Bukhari No. 3547)

Jabir bin Samurah Radhiallahu โ€˜Anhu bercerita:

ูƒูŽุงู†ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู‚ูŽุฏู’ ุดูŽู…ูุทูŽ ู…ูู‚ูŽุฏู‘ูŽู…ู ุฑูŽุฃู’ุณูู‡ู ูˆูŽู„ูุญู’ูŠูŽุชูู‡ูุŒ ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ุฅูุฐูŽุง ุงุฏู‘ูŽู‡ูŽู†ูŽ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุชูŽุจูŽูŠู‘ูŽู†ู’ุŒ ูˆูŽุฅูุฐูŽุง ุดูŽุนูุซูŽ ุฑูŽุฃู’ุณูู‡ู ุชูŽุจูŽูŠู‘ูŽู†ูŽุŒ ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ูƒูŽุซููŠุฑูŽ ุดูŽุนู’ุฑู ุงู„ู„ู‘ูุญู’ูŠูŽุฉู

Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam mulai memutih rambut bagian depan kepalanya dan jenggotnya, jika dia melumasi dengan minyak ubannya tidak terlihat jelas, jika sudah mengering rambutnya ubannya terlihat, dan Beliau memiliki jenggot yang lebat. (HR. Muslim No. 2344)

Simak bercerita, bahwa Jabir bin Samurah ditanya tentang uban Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam :

ูƒูŽุงู†ูŽ ุฅูุฐูŽุง ุงุฏู‘ูŽู‡ูŽู†ูŽ ุฑูŽุฃู’ุณูŽู‡ู ู„ูŽู…ู’ ูŠูุฑูŽ ู…ูู†ู’ู‡ูุŒ ูˆูŽุฅูุฐูŽุง ู„ูŽู…ู’ ูŠูุฏู‘ูŽู‡ูŽู†ู’ ุฑูุฆููŠูŽ ู…ูู†ู’ู‡ู

Dahulu jika Beliau melumasi dengan minyak ubannya tidak terlihat, dan jika tidak memakai minyak ubannya terlihat. (HR. Muslim No. 2344, An-Nasaโ€™i No. 5114)

Bahkan saking banyaknya minyak rambut nabi sampai membasahi pakaiannya (penutup kepalanya), namun riwayat tersebut dhaif.

Dari Anas bin Malik Radhiallahu โ€˜Anhu, katanya:

ูƒูŽุงู†ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูŠููƒู’ุซูุฑู ุฏูŽู‡ู’ู†ูŽ ุฑูŽุฃู’ุณูู‡ูุŒ ูˆูŽุชูŽุณู’ุฑููŠุญูŽ ู„ูุญู’ูŠูŽุชูŽู‡ูุŒ ูˆูŽูŠููƒู’ุซูุฑู ุงู„ู’ู‚ูู†ูŽุงุนูŽ ูƒูŽุฃูŽู†ู‘ูŽ ุซูŽูˆู’ุจูŽู‡ู ุซูŽูˆู’ุจู ุฒูŽูŠู‘ูŽุงุชู

Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam banyak meminyaki rambutnya, menyisir jenggotnya, dan memanjangkan kain penutup kepalanya. Penutup kepalanya begitu berminyak seakan penutup kepalanya tukang minyak. (HR. At Tirmidzi, Asy-Syamail No. 26, Al-Baghawi, Syarhus Sunnah No. 3164. Al-Mizzi dalam Tuhfatul Asyraf, No. 1679. Didhaifkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Mukhtashar Asy-Syamail No. 26)

Maka, anjuran memakai minyak rambut merupakan sunah, baik secara fiโ€™iliyah dan qauliyah dari Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam.

  1. Menyisir Rambut (tarajjul)

Aisyah Radhiallahu โ€˜Anha berkata:

ูƒูู†ู’ุชู ุฃูุฑูŽุฌู‘ูู„ู ุฑูŽุฃู’ุณูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู… ูŽ ูˆุฃู†ุง ุญุงุฆุถ

Aku menyisir kepala Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam, dan saat itu aku sedang haid. (HR. At-Tirmidzi, Asy-Syamail, No. 25. Syaikh Al-Albani mengatakan Shahih. Lihat Mukhtashar Asy-Syamail No. 25 )

Dalam kesempatan lain, โ€˜Aisyah Radhiallahu โ€˜Anha juga bercerita:

ุฅูุฐูŽุง ุงุนู’ุชูŽูƒูŽููŽุŒ ูŠูุฏู’ู†ููŠ ุฅูู„ูŽูŠู‘ูŽ ุฑูŽุฃู’ุณูŽู‡ู ููŽุฃูุฑูŽุฌู‘ูู„ูู‡ูุŒ ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ู„ูŽุง ูŠูŽุฏู’ุฎูู„ู ุงู„ู’ุจูŽูŠู’ุชูŽ ุฅูู„ู‘ูŽุง ู„ูุญูŽุงุฌูŽุฉู ุงู„ู’ุฅูู†ู’ุณูŽุงู†ู

Jika beliau iโ€™tikaf, Beliau mencondongkan kepalanya kepadaku lalu aku menyisirnya, dan Beliau tidaklah masuk ke rumah (ketika iโ€™tikaf) kecuali jika ada kebutuhan manusiawi. (HR. Muslim No. 297)

Inilah sunah fiโ€™liyah yang nabi lakukan, yaitu menyisir dan menata rambut. Tetapi, Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam tidaklah melakukannya sering-sering seperti wanita pesolek.

Oleh karena itu, dari Abdullah bin Mughaffal Radhiallahu โ€˜Anhu, katanya:

ู†ูŽู‡ูŽู‰ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‡ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู… ูŽ ุนู†ู ุงู„ุชู‘ูŽุฑูŽุฌู‘ูู„ู ุฅูู„ู‘ูŽุง ุบูุจู‘ู‹ุง

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam melarang menyisir kecuali jarang-jarang. (HR. Abu Daud No. 4159, At Tirmidzi No. 1756, juga Asy-Syamail, No. 29, katanya: hasan shahih. Ahmad No. 16793. Syaikh Syuโ€™Aib Al-Arnauth mengatakan: shahih lighairih. Lihat Taโ€™liq Musnad Ahmad No. 16793)

Menyisir disunahkan dari kanan. Inilah yang dilakukan oleh Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam, dan Beliau melakukan semua kebaikan memulainya dari kanan (at-tayammun) . Dari Aisyah Radhiallahu โ€˜Anha, katanya:

ูƒูŽุงู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ยซูŠูุนู’ุฌูุจูู‡ู ุงู„ุชู‘ูŽูŠูŽู…ู‘ูู†ูุŒ ูููŠ ุชูŽู†ูŽุนู‘ูู„ูู‡ูุŒ ูˆูŽุชูŽุฑูŽุฌู‘ูู„ูู‡ูุŒ ูˆูŽุทูู‡ููˆุฑูู‡ูุŒ ูˆูŽูููŠ ุดูŽุฃู’ู†ูู‡ู ูƒูู„ู‘ูู‡ู

Dahulu Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam menyukai memulai sesuatu dari kanan: memakai sendal, menyisir, bersuci, dan semua perbuatan lainnya. (HR. Bukhari No. 168)

Al-Hafizh Ibnu Hajar Radhiallahu โ€˜Anhu menjelaskan:

ูˆุชุฑุฌู„ู‡ ุฃูŠ ุชุฑุฌูŠู„ ุดุนุฑู‡ ูˆู‡ูˆ ุชุณุฑูŠุญู‡ ูˆุฏู‡ู†ู‡

Tarajjulihi yaitu merapikan rambutnya, dengan menata dan meminyakinya. (Fathul Bari, 1/269)

(usb/dakwatuna)

Bersambung…

Sebelumnya…

Redaktur: Samin Barkah

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Lahir di Jakarta, Juni 1978. Alumni S1 Sastra Arab UI Depok (1996 - 2000). Pengajar di Bimbingan Konsultasi Belajar Nurul Fikri sejak tahun 1999, dan seorang muballigh. Juga pengisi majelis ta'lim di beberapa masjid, dan perkantoran. Pernah juga tugas dakwah di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, selama dua tahun. Tinggal di Depok, Jawa Barat.

Lihat Juga

Meraih Kesuksesan Dengan Kejujuran (Refleksi Nilai Kehidupan)

Figure
Organization