Home / Berita / Nasional / Diberhentikan Sebelum Habis Masa Jabatan, Mantan Wakapolri: Kasihan Pak Tarman

Diberhentikan Sebelum Habis Masa Jabatan, Mantan Wakapolri: Kasihan Pak Tarman

Mantan Wakil Kapolri Komisaris Jenderal (Purn) Oegroseno.  (rmolsumsel.com)
Mantan Wakil Kapolri Komisaris Jenderal (Purn) Oegroseno. (rmolsumsel.com)

dakwatuna.com – Jakarta.  Terhitung sejak Jumat (16/1/15) Presiden Joko Widodo memberhentikan secara terhormat Jenderal Sutarman sebagai Kepala Kepolisian RI,  Padahal, sang jenderal masih terhitung sebagai petugas aktif hingga Oktober 2015.

Menanggapi hal tersebut, ,mantan Wakil Kapolri Komisaris Jenderal (Purn) Oegroseno merasa simpati terhadap nasib Jenderal Sutarman yang telah diberhentikan dari jabatannya tersebut. Menurutnya, Sutarman saat ini dalam posisi yang tidak jelas alias digantung, bahkan ia tidak memiliki kantor lagi.

“Kasihan Pak Tarman. Kalau dia mau ke kantor, dia mau ke mana? ruangannya sudah dipakai Wakapolri sebagai Plt (Kapolri),” kata Oegroseno dalam diskusi “Kali Ini Tidak 86” di Jakarta Pusat, Sabtu (17/1/15). “Banyak sedih, karena integritas Kapolri ini dites.”

Walaupun pergantian Kapolri merupakan hak prerogatif Presiden serta hal yang biasa ditubuh Polri, seharusnya Sutarman diajak bicara tentang rencana pergantian Kapolri tersebut..

“Seperti dulu-dulu, bicarakan, ini kan etika. Setelah itu pasti (nama calon) diajukan dan bulat,” kata dia.

Sutarman sedianya digantikan oleh Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai Kapolri pilihan Jokowi. Namun, Jokowi menunda pelantikan Budi karena secara mengejutkan Komisi Pemberantasan Korupsi menetapkan Budi sebagai tersangka kasus rekening gendut. Jokowi akhirnya menunjuk Komisaris Jenderal Badrodin Haiti sebagai Pelaksana tugas (Plt) Kapolri.

Oegroseno menilai, polemik seperti ini tidak akan terjadi jika Presiden Jokowi membicarakan pergantian jauh hari sebelumnya. “Kalau ini ditempuh, saya yakin situasi tak akan seperti ini,” ungkap Oegroseno. (ROL/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Muslim Rohingya Bisa Berdamai dengan Nasibnya, Kapan?

Figure
Organization