Home / Berita / Daerah / Bantuan Wirausaha Bantu Petani Kelapa di Halmahera Utara Lepas dari Jerat Rentenir

Bantuan Wirausaha Bantu Petani Kelapa di Halmahera Utara Lepas dari Jerat Rentenir

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Penyerahan Bantuan Sapi kepada petani kelapa di Desa Togoliua, Kecamatan Tobelo Utara, Halmahera Utara. (sari/rz)
Penyerahan Bantuan Sapi kepada petani kelapa di Desa Togoliua, Kecamatan Tobelo Utara, Halmahera Utara. (sari/rz)

dakwatuna.com – Halmahera. Komunitas Muslim Gosowong dan RZ (Rumah Zakat) menggulirkan program bantuan wirausaha dengan memberikan modal kepemilikan sapi kepada 12 KK di Halmahera Utara. Tujuannya untuk membantu warga muslim yang tinggal di Desa Togoliua, Kecamatan Tobelo Utara, Halmahera Utara.

Warga Muslim di Desa Togoliua ini mayoritas berprofesi sebagai petani kelapa. Kendala yang dihadapi para petani tersebut yakni sulitnya transportasi untuk mengangkut kelapa dari kebun ke jalan raya atau ke penjual untuk diolah menjadi kopra. Selama ini petani kelapa terbiasa menyewa gerobak sapi untuk mengangkut hasil panennya.

“Gerobak sapi biasanya disewa per sekali panen dan biaya sewanya sangat mahal. Petani sering merasa berat dengan biaya ini dan mereka kesulitan untuk menabung dari hasil panennya. Ini membuat petani tidak bisa lepas dari jerat rentenir,” tutur Kepala Divisi Program RZ, Ahmad Faizs, Jumat (16/01/15).

Jarak antar desa di Halmahera Utara berjauhan. Meski kondisi jalan utamanya cukup baik, tapi kendaraan umum sulit ditemui. Untuk memenuhi kebutuhan pangan, warga mengandalkan tanaman yang mereka tanam di kebun atau halaman rumah. Kebutuhan yang selain itu, warga mencarinya ke desa terdekat yang berjarak sekitar 20 km dari Desa Togoliua.

Bantuan dari Komunitas Muslim Gosowong dan RZ hadir sebagai solusi bagi petani di Desa Togoliua. “Harapan kami, dengan adanya bantuan Paket Sapi Gerobak ini, kesejahteraan kami dapat meningkat. Beban kerja menjadi lebih ringan dan waktu kerja pun jadi lebih efisien. Terima kasih saudara-saudara Kaum Muslimin Gosowong dan RZ,” ungkap Mufti Karim setelah menerima hibah Gerobak dan sapi dari RZ. (sari/rz/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Lihat Juga

OSIS SMP Juara Pekanbaru Bersama Rumah Zakat Laksanakan Aksi Kemanusian Penggalangan Dana Untuk Suriah