Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Syaikh Qaradawi Kecam Kartun Menghina Rasul Charlie Hebdo

Syaikh Qaradawi Kecam Kartun Menghina Rasul Charlie Hebdo

Kantor Charlie Hebdo di Paris (rabble.ca)
Kantor Charlie Hebdo di Paris (rabble.ca)

dakwatuna.com – Qatar. Ketua Persatuan Ulama Islam Sedunia, Syaikh Yusuf Al-Qaradawi, menolak dan mengecam penyebaran kartun-kartun menghina Rasulullah Saw oleh majalah satire Perancis Charlie Hebdo.

Sebagaimana diberitakan Islam Memo (15/1/2015), Syaikh Al-Qaradawi mengimbau seluruh umat Islam untuk bersama-sama menolak dan mengecam hal itu dengan cara-cara damai dan legal.

Ulama umat Islam yang bermukim di Qatar ini kemudian mempertanyakan prinsip kebebasan berpikir dan berekspresi yang didewakan saat ini (terutama di Perancis), namun pada saat yang sama hal itu digunakan untuk melecehkan simbol-simbol suci agama (Islam).

Menurutnya, jika Pemerintah Perancis mampu mempidana pelaku penghinaan terhadap individu, maka larangan penghinaan terhadap umat (yang terdiri dari jutaan individu) tentu harus dapat lebih diutamakan.

Lebih lanjut, Syaikh Al-Qaradawi mengimbau seluruh pihak untuk menyelesaikan fenomena kekerasan dari akarnya dan tidak hanya terfokus pada penanganan kejadian-kejadian kekerasan tanpa memperhatikan faktor-faktor penyebabnya. (islammemo/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Banyak Kecaman, Kompetisi Kartun Nabi di Belanda Dibatalkan

Figure
Organization