Topic
Home / Berita / Daerah / Pemprov Jabar akan Dokumentasikan Destinasi Wisata se-Jawa Barat

Pemprov Jabar akan Dokumentasikan Destinasi Wisata se-Jawa Barat

Wakil Gubenur Jawa Barat Deddy Mizwar sedang memimpin Rapat Koordinasi Program Kepariwisataan Dan Kebudayaan Tahun 2015 di Ruang Rapat Papandayan Gedung Sate, Rabu (15/1/2015). (IST)
Wakil Gubenur Jawa Barat Deddy Mizwar sedang memimpin Rapat Koordinasi Program Kepariwisataan Dan Kebudayaan Tahun 2015 di Ruang Rapat Papandayan Gedung Sate, Rabu (15/1/2015). (IST)

dakwatuna.com – Bandung. Selain sebagai daerah Industri dan lumbung pangan nasional, Jawa Barat (Jabar) memiliki beragam objek wisata budaya yang belum digali secara maksimal. Karenanya Pemerintah Provinsi Jabar akan melakukan pengumpulan dokumentasi dan data destinasi wisata serta event-event di setiap kabupaten dan kota di Jabar sebagai bahan promosi dan perencanaan kedepannya.

Hal ini diungkapkan oleh Wakil Gubenur Jawa Barat Deddy Mizwar usai memimpin Rapat Koordinasi Program Kepariwisataan Dan Kebudayaan Tahun 2015 di Ruang Rapat Papandayan Gedung Sate, Rabu (15/1/2015).

Menurut Deddy, rakor ini digelar untuk mempertajam tujuan kepariwisataan dan kebudayaan di Jabar, sehingga bisa dilakukan revisi dari program-progam yang telah direncanakan sebelumnya. Karenanya, Deddy menilai, pengumpulan data destinasi dan event dari setiap kabuten dan kota sangatlah penting.

“Bagaimana data-data event dan destinasi di kabupaten kota ada ga, ternyata enggak ada. kita inisiasi!. Kita akan buat seluruh foto-foto destinasi, provinsi yang akan kasih inisiasi. Foto-foto destinasi seperti apa. Karena kabupaten-kota tidak siap juga.kita enggak bisa andalkan kabupaten juga kan. Kalau ada foto yang bagus ya silakan. Dan dalam perubahan nanti kita harus bagaimana selain ada lomba fotographi, fotographi nanti kan macam-macam, bertahap. Tapi kita perlu untuk tahun ini data foto-foto destinasi unggulan di jawa barat di setiap kabupaten/kota,” tutur Deddy.

Deddy juga mengatakan, akan kembali menggelar event internasional tahunan seperti Gotrasawala di Cirebon, Bandung Internasional Digital Art Festival (Bidaf) di Bandung Raya kemudian di Bogor. “Ada tiga, yang satu Gotrasawala, kemudian Bidaf dan ini kita sedang evaluasi lagi dan satu lagi kita belum tahu namanya apa di Bogor untuk tahun ini,” tambah Deddy.

selain itu untuk kegiatan Kemilau Nusantara Deddy mengatakan akan mengevalusi kembali nomenklatur atau penamaannya, karena semula menjadi agenda pusat yang sekarang dilanjutkan oleh Jawa Barat. ”mungkin yang kita pikirkan tentang kemilau Nusantara. Apa bener nih kemilau Nusantara. Karena enggak mencerminkan nusantara soalnya. Ini masalah nomenklatur, anggaran sudah ada nomenklatur keliru nih. Karena ini apa maksudnya, dulu kan Kemilau Nusantara punyanya Pusat. Sekarang diberhentiin kenapa kita terusin. Hubungannya apa. Mungkin namanya saja yang kita rubah atau evaluasi. Dan kegiatannya bukan hanya di Bandung kan. Dulu kegiatan itu waktu pusat melakukan, Disbudpar lakukan, hanya untuk mengenalkan Gedung Sate kepada masyarakat. Sekarang kan enggak begitu lagi, orientasinya sudah berubah enggak mesti di Bandung semua, bisa di Subang atau dimana saja,” pungkas Deddy.

Turut hadir dalam rakor Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Nunung Sobari dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Jabar, Yerry Yanuar. (abr/dakwatuna)

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

Lima Destinasi Wisata Terbaik di Xi’an, Populasi Muslim Terbesar di China

Figure
Organization