Topic
Home / Berita / Nasional / Optimalkan Pengelolaan ZIS, LAZ Sidogiri Jalin Kerjasama Dengan RZ

Optimalkan Pengelolaan ZIS, LAZ Sidogiri Jalin Kerjasama Dengan RZ

Kerjasama Optimalisasi ZIS antara LAZ Sidogiri dengan RZ.  (Sari/rz)
Kerjasama Optimalisasi ZIS antara LAZ Sidogiri dengan RZ. (Sari/rz)

dakwatuna.com – Jakarta. LAZ Sidogiri bekerja sama dengan RZ (Rumah Zakat) untuk mengoptimalkan pengelolaan dana zakat, infaq dan shadaqah. Penandatanganan MoU dilakukan oleh sekertaris pengurus LAZ Sidogiri, M. H. Masykuri Abdurahman dan CEO RZ, Nur Efendi di RZ cabang Matraman.

“Alhamdulillah kami merasa senang mendapat kepercayaan dari organisasi serumpun untuk bersinergi. Sinergi ini juga diharapkan dapat menjadi model kerja sama bagi lembaga-lembaga lain dalam pengoptimalan dana ZIS,” tutur Nur Efendi, CEO RZ, Selasa (13/01/15).

Sinergi dibangun berlandaskan kesamaan visi untuk memberdayakan masyarakat. Masykuri menjelaskan bahwa LAZ Sidogiri telah berdiri sejak 2005. Awalnya LAZ Sidogiri diresmikan di tingkat kabupaten oleh bupati, lalu berkembang hingga tingkat provinsi dan saat ini LAZ Sidogiri telah masuk ke dalam daftar LAZ nasional.

“Menurut informasi yang dirilis oleh Kementrian Agama, potensi zakat per tahun berkisar antara 217-270 trilyun. Bila dikelola bersama-sama, dapat menyejahterakan masyarakat yang membutuhkan,” ujar Masykuri.

Dana zakat, infaq dan shadaqah mempunyai peranan penting dalam pengembangan sosial masyarakat. Pada dasarnya, zakat masuk dalam tatanan sosial. Sebab zakat dapat menjamin kesejahteraan sosial dan  mencegah terjadinya kriminalitas. Sehingga terwujudlah rasa saling menanggung antar sesama manusia.

“Orang yang merasa kuat akan merangkul orang yang lemah, berkekurangan, ibnus sabil dan dapat mendekatkan jarak di antara mereka. Zakat berusaha menghilangkan dengki antara orang yang lemah dan kuat,” ucap Nur Efendi, CEO RZ. (sari/rz/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

OSIS SMP Juara Pekanbaru Bersama Rumah Zakat Laksanakan Aksi Kemanusian Penggalangan Dana Untuk Suriah

Figure
Organization