Topic
Home / Berita / Nasional / Dari Proses Investigasi, Ditemukan Beberapa Kejanggalan pada Penerbangan Air Asia QZ 8501

Dari Proses Investigasi, Ditemukan Beberapa Kejanggalan pada Penerbangan Air Asia QZ 8501

Rute pesawat AirAsia QZ 8501 penerbangan Surabaya – Singapura, yang dinyatakan hilang kontak, Minggu (28/12/14) pagi. (tribunnews.com)
Rute pesawat AirAsia QZ 8501 penerbangan Surabaya – Singapura, yang dinyatakan hilang kontak, Minggu (28/12/14) pagi. (tribunnews.com)

dakwatuna.com – Jakarta.  Langkah Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jendral Perhubungan Udara membekukan sementara izin rute penerbangan Indonesia Air Asia Surabaya-Singapura mendapat dukungan dari pengamat penerbangan, Arista Atmadjati.

Menurut Arista, pembekuan ini penting mengingat banyaknya kejanggalan yang ditemukan selama proses investigasi berlangsung.

“Sambil menunggu rekonstruksi, ada baiknya memang dibekukan,” kata Arista dikutip dari ROL, Jumat (2/1/15).
Masih menurut Arista, keanehan yang ditemukan selama proses investigasi berlangsung. diantaranya, laporan dari BMKG bahwa Air Asia tak mengambil data secara langsung. Namun, apakah pihak Air Asia mengambil atau tidak, hal tersebut masih menjadi tanda tanya.

“Tapi ini wajib. Kalau tak mengambil, berarti ground handling. Itu (masih) kejanggalan,” ujarnya.

Tak hanya itu, majunya jadwal penerbangan dipertanyakan oleh Arista. Karena banyak penumpang yang terlambat, bahkan lebih dari 10 orang. Artinya, menurut Arista, penerbangan ini seperti dipaksakan. “Kenapa? Kan itu terlalu pagi,” lanjutnya.

Dikatakannya, sangat jarang sebuah maskapai penerbangan memajukan jadwal penerbangan. Memang hal tersebut sesuai kebutuhan dari sebuah maskapai.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan mengambil langkah tegas dengan membekukan sementara izin rute penerbangan Indonesia Air Asia Surabaya-Singapura. Ketentuan ini terhitung sejak hari ini, Jumat (2/1/15), sampai ada hasil evaluasi dan investigasi terkait kecelakaan pesawat Air Asia QZ 8501. (ROL/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Palestina Desak Kejahatan Penjajah Israel di Gaza Diinvestigasi

Figure
Organization