Topic
Home / Berita / Daerah / Ahok Heran Gedung Sebesar Balaikota Tidak Memiliki Masjid

Ahok Heran Gedung Sebesar Balaikota Tidak Memiliki Masjid

Gedung Balaikota Jakarta.  (jakarta.go.id)
Gedung Balaikota Jakarta. (jakarta.go.id)

dakwatuna.com – Jakarta.  Gedung Balaikota yang begitu mewah ternyata tidak memiliki Masjid. Hal tersebut sontak saja menimbulkan keheranan bagi Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

“Pegawai muslim begitu banyak, saya heran Balaikota ini begitu besar, tapi tidak ada masjid. Masjid di kantor Wali Kota lebih bagus daripada di Balaikota,” kata Basuki, saat menyampaikan sambutan dalam pelantikan ribuan pejabat DKI, di Lapangan Silang Monas Selatan, Jakarta, Jumat (2/1/15).

Memang saat ini di Balaikota hanya ada sebuah mushalla yang berada di kompleks Blok G. Mushalla bernama Mushalla Fatahillah itu hanya berukuran sekitar 20×15 meter dan memiliki daya tampung 300 jamaah.

Guna mewujudkan rencana pembangunan masjid di Balaikota, Basuki berencana membuat sayembara pembangunan masjid dua lantai. Pembangunan masjid itu rencananya dibangun tanpa alokasi APBD, melainkan sumbangan pegawai dan Gubernur.

Apabila 3.000 pegawai rutin menyumbang setiap bulannya, maka Basuki meyakini uang sebanyak Rp 1 miliar bisa terkumpul. “Saya akan ikut menyumbang rutin. Bagi bapak dan ibu yang beragama Protestan dan Katolik enggak usah minta bangun gereja, enggak perlulah, doa di rumah saja. Kalau pegawai Muslim kan banyak dan pas shalat Jumat juga sering pakai gedung lain untuk ibadah,” kata Basuki.

Sementara itu, Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi mengapresiasi hal tersebut. Apabila pembangunan masjid menggunakan APBD, ia mengklaim, DPRD akan langsung menyetujuinya. “Setuju dong, DPRD pasti mendukung. Kan nanti masjid itu bisa digunakan untuk shalat Jumat. Selama ini mushallahnya tidak cukup untuk shalat Jumat dan letaknya tersembunyi,” kata Prasetyo. (kompas/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Seminar Nasional Kemasjidan, Masjid di Era Milenial

Figure
Organization