Topic
Home / Berita / Daerah / Sokong Ketahanan Pangan di Jabar, Aher Minta Kepala Daerah Pertahankan Lahan Pertanian

Sokong Ketahanan Pangan di Jabar, Aher Minta Kepala Daerah Pertahankan Lahan Pertanian

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan - Foto: jabartoday.com
Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan – Foto: jabartoday.com

dakwatuna.com – Bandung. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan meminta para kepala daerah se-Provinsi Jawa Barat (Jabar) agar mempertahankan lahan pertanian yang ada di daerahnya masing-masing. Hal ini merupakan salah satu cara dalam menyokong ketahanan pangan di Provinsi Jawa Barat.

Selain itu, Gubernur juga berharap agar ada regenerasi petani di Jawa Barat. Pasalnya, menurut Gubernur yang akrab disapa kang Aher, saat ini rata-rata petani di Jawa Barat berumur 50 tahun ke atas. “Diharapkan di masa depan muncul para petani dari kalangan generasi muda dan para petani muda tersebut mampu menangkis serbuan sayuran, buah-buahan, dan bahan pangan impor,” kata Aher. Selain itu, lanjut Aher, untuk mewujudkan ketahanan pangan di Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Provinsi 9Pemprov) Jabar juga menginstruksikan di setiap rapat di daerah untuk tidak menggunakan makanan impor.

Aher menambahkan, luas lahan pertanian di Jawa Barat akan tetap bertahan sesuai data Badan Pusat Statistik tahun 2013, yaitu seluas 925 ribu hektar. Dalam Perda No. 27 tahun 2010, pemkot dan pemkab diminta untuk merencanakan penetapan luas lahan pertanian pangan berkelanjutan yang secara konsisten diperuntukkan sebagai lahan pertanian. ”

Saat ini, daerah lumbung padi di Jawa Barat dengan luas lahan pertanian terbesar yaitu Kabupaten Indramayu, Karawang, Cianjur, Subang, dan Cirebon,” ungkap kader PKS ini.‚Äč

Diketahui, dalam beberapa tahun terakhir ini, ribuan hektar lahan pertanian di Jawa Barat telah berubah menjadi kompleks perumahan dan lokasi industri dengan pendirian pabrik-pabrik. Beberapa lahan pertanian di antaranya diambil alih oleh para pelaku industri dengan tanpa mempertimbangkan dampak lingkungan. (voiindonesia/abr/dakwatuna)

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

20 Tahun Berkiprah, Kepala Daerah dari PKS Gelar Konsolidasi Nasional

Organization