Topic
Home / Berita / Daerah / Ahok Tidak Bisa Bubarkan FPI

Ahok Tidak Bisa Bubarkan FPI

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama.  (tribunnews.com)
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. (tribunnews.com)

dakwatuna.com – Batam.┬áBerdasarkan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang membatalkan peran pemerintah yang dinilai terlalu mencampuri ruang gerak organisasi masyarakat (ormas) melalui beberapa ketentuan dalam Undang-Undang 17 Tahun 2013, maka keinginan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahya Purnama (Ahok) yang ingin membubarkan ormas Front Pembela Islam (FPI) dinilai tidak bisa dilakukan.

Hal ini diungkapkan oleh anggota DPRD Kota Batam Ricky Indrakari di Batam, Ahad (28/12).

“Peran pemerintah dalam Undang-Undang 17 Tahun 2013 dinyatakan bertentangan dengan UUD 1945 oleh Mahkamah Konstitusi (MK),” ujar Ricky.

Menurut Ricky, Ormas hanya dapat dibekukan atau dibubarkan lewat keputusan pengadilan.

“Menurut UUD 1945, kemerdekaan berserikat dan berkumpul itu sudah final sejak Indonesia merdeka, merupakan kearifan lokal atau dalam bahasa hukum disebut ‘Sosiological Jurisprudence. Baik yang tidak berbadan hukum, ataupun yang tidak terdaftar di Kesbanglinmas,” jelas Ricky.

Dia mengatakan, pembubaran ormas hanya mungkin dilakukan lewat keputusan hukum (jika terbukti melanggar hukum), sesuai UU Ormas.

“Penjelasan Pasal 15 menyatakan pembekuan dan pembubaran dapat dilakukan setelah mendengar keterangan dari pengurus atau pengurus pusat organisasi kemasyarakatan yang bersangkutan dan setelah memperoleh pertimbangan dalam segi hukum dari Mahkamah Agung untuk tingkat nasional,” kata Ricky. (ded/abr/dakwatuna)

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

Keluarga Cabut Banding Vonis Ahok, Apa Alasannya?

Organization