Topic
Home / Berita / Nasional / Kenaikan Harga BBM, Catatan Akhir Tahun Jokowi-JK

Kenaikan Harga BBM, Catatan Akhir Tahun Jokowi-JK

Presiden Joko Widodo saat mengumumkan kenaikan harga BBM Bersubsidi tadi malam, Senin (17/11/14). (detik.com)
Presiden Joko Widodo saat mengumumkan kenaikan harga BBM Bersubsidi tadi malam, Senin (17/11/14). (detik.com)

dakwatuna.com – Catatan akhir tahun Pemerintahan Joko Widodo – Jusuf Kalla (Jokowi-JK) adalah berupa penaikan harga bahan bakar minyak (BBM) di tengah menurunnya harga minyak dunia. Demikian kata Ketua Komisi VI DPR asal PAN, Ahmad Hafisz Tohir, Jumat (26/12).

“Kebijakan itu jelas melanggar pasal 12 ayat (13) UU Nomor 14 Tahun 2014 tentang APBN-P 2014. Dalam pasal itu jelas mengatur prasyarat penaikan harga BBM,” kata Hafisz, seperti yang dikutip dari Inilahcom, Jumat (26/12).

Penaikan harga BBM, lanjut Hafisz, haruslah mengacu kepada harga minyak mentah (crude oil) dunia. Sangatlah sulit di terima akal sehat apabila pemerintah menaikan harga BBM sementara harga crude oil di pasar internasional menurun.

“Dalam APBN-P 2014 kan ada asumsi harga minyak dan kurs dolar sebagai acuan dalam menetapkan kebijakan BBM, jadi ada aturannya. Saya kira kenaikan BBM Rp 2.000 per liter adalah kebijakan aneh dan gegabah di 2014,” paparnya.

Harga crude oil sendiri, kata Hafisz, anjlok sampai 59 dolar per barel dan BBM RON 92 (pertamax) di Los Angeles setara dengan Rp 7.900 per liter.

“Sementara harga premium kita Rp 8.500 per liter. Itupun masih disubsidi Rp 1.000 per liter. Logikanya, pemerintah harus segera turunkan harga BBM,” terangnya.

Kebijakan pemerintahan Jokowi-JK yang terlanjur menaikkan harga BBM Rp 2.000 per liter pada 17 Novermber lalu sangat disayangkan. Beleid itu berdampak kepada kenaikan harga barang.

“Kalaupun diturunkan, saya kok pesimis harga barang ikut turun. Lagi-lagi rakyat yang harus menanggung beban berat ini,” pungkasnya.(ris/inilah/abr/dakwatuna).

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

Karena Dirimu Begitu Berharga

Figure
Organization