Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Shinzo Abe Kembali Terpilih Menjadi PM Jepang

Shinzo Abe Kembali Terpilih Menjadi PM Jepang

Shinzo Abe akan menunjuk kabinet baru setelah pemilihannya disahkan majelis tinggi (bbc.co.uk)
Shinzo Abe akan menunjuk kabinet baru setelah pemilihannya disahkan majelis tinggi (bbc.co.uk)

dakwatuna.com – Jepang. Parlemen Jepang memilih kembali Shinzo Abe sebagai perdana menteri untuk satu periode lagi setelah kemenangan besar partainya dalam pemilihan sela 14 Desember lalu.

Abe meraih suara 328 yang memilihnya melawan 73 suara yang menolak di Diet, majelis rendah parlemen Jepang.

Setelah hasil ini disahkan oleh majelis tinggi maka Abe akan menyusun kabinet, yang diperkirakan akan menunjuk menteri pertahanan baru.

Jenderal Nakatani disebut-sebut akan menjadi menteri pertahanan menggantikan Akinori Eto, yang tidak bersedia lagi menjabat karena terlibat dalam skandal pendanaan politik.

Dengan mayoritas kubu pemerintah, Partai Liberal Demokrat LDP dan koalisinya Komeiti di majelis tinggi, bisa dipastikan tidak akan ada masalah dalam penunjukan Abe.

Pemilihan sela 14 Desember 2014 lalu dilihat sebagai referendum atas kebijakan reformasi ekonomi Abe yang sulit dan tidak populer, yang sering dijuluki Abenomics.

Koalisi yang dipimpin partai pemerintah meraih kemenangan dengan dua pertiga mayoritas lewat pemilihan dengan partisipasi pemilih yang rendah.

Pengamat mengatakan kemenangan koalisi pemerintah antara lain didorong karena tidak adanya alternatif mengingat kubu oposisi yang tidak kuat. (bbc/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi, Emir Qatar Lakukan Tur Asia

Figure
Organization