Topic
Home / Berita / Nasional / Tutty Alawiyah Apresiasi Kebijakan Jokowi Transformasi Status Perguruan Islam

Tutty Alawiyah Apresiasi Kebijakan Jokowi Transformasi Status Perguruan Islam

Ketua Umum (Ketum) Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT), Prof. Hj. Tutty Alawiyah (Foto: antara.com)
Pengamat Pendidikan Islam, Prof. Hj. Tutty Alawiyah (Foto: antara.com)

dakwatuna.com – Jakarta. Langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang melakukan transformasi tiga Institut Agama Islam Negeri (IAIN) menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) dan mengubah status sembilan Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) mendapat apresiasi dari pengamat pendidikan Islam, Tutty Alawiyah.

Dia mengatakan, langkah yang ditempuh Presiden menjadi langkah untuk perbaikan kualitas pendidikan Islam. Selain itu, kata dia, dengan perubahan status ini maka akan ada perbaikan dengan penambahan program studi pada perguruan tinggi Islam.

Dia melanjutkan, setelah transformasi ini, perguruan tinggi Islam dapat menambah program studi kekinian seperti teknologi, kedokteran dan Hukum. Sehingga, menurutnya, perguruan Tinggi Islam akan mampu menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas seperti ulama intelektual.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Pemberdayaan Perempuan ini berharap, untuk ke depannya akan ada banyak lagi IAIN yang akan diubah menjadi UIN dan PTAI menjadi IAIN.

“Saya kira bagus, Ini langkah yang positif dari Presiden sehingga ada perbaikan kualitas untuk sdm (Sumber Daya Manusia) nya,” ujar Ketua Umum (Ketum) Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) ini, seperti yang dikutip Republika Online, Sabtu (20/12).

Sebelumnya, didampingi Mneteri Agama Lukman Hakim, Presiden Jokowi meresmikan perubahan status tiga Institut Agama Islam Negeri (IAIN) menjadi Universitas Islam Negeri masing-masing Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang dan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Juga diresmikan perubahan status Perguruan Tinggi Agama Islam menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) masing-masing IAIN Samarinda, IAIN Palangkaraya, IAIN Kendari, IAIN Manado, IAIN Jember, IAIN Salatiga, IAIN Purwokerto, IAIN Palopo dan IAIN Langsa. (ROL/abr/dakwatuna)

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

Anggota DPR AS: Trump Picu Kebencian pada Islam di Amerika

Figure
Organization