Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Timur Tengah Rugi 437 Triliun Akibat Krisis di Suriah

Timur Tengah Rugi 437 Triliun Akibat Krisis di Suriah

Pengungsi Suriah di Turki. (alaan.tv)
Pengungsi Suriah di Turki. (alaan.tv)

dakwatuna.com – Damaskus. Sebuah laporan yang dikeluarkan Bank Dunia, Kamis (18/12/2014) kemarin, menyebutkan bahwa beberapa negara di kawasan timur Laut Tengah mengalami kerugian sebesar US$ 35 miliar (IDR 437 triliun) akibat perang yang sedang berlangsung di Suriah, dan semakin kuatnya posisi ISIS (Negara Islam di Irak dan Syam).

Perang di Suriah sudah hampir memasuki tahun kelima, sedangkan kekuatan ISIS seakan tidak bisa digoyahkan dengan serangan-serangan udara yang dilakukan selama hampir 3 bulan oleh pasukan koalisi internasional pimpinan Amerika.

Dalam laporan yang berjudul “Pengaruh Negatif Perang di Suriah dan Semakin Kuatnya ISIS di Kawasan Timur Laut Tengah”, disebutkan bahwa kerugian sebesar US$ 35 miliar itu sama dengan anggaran Suriah pada tahun 2007. Disebutkan juga, “Alangkah sedihnya, bahwa angka ini adalah jumlah perkiraan minimal.”

Dari sekian negara, yang paling terpengaruh tentunya adalah Suriah dan Irak sendiri. Tingkat kemakmuran individu di masing-masing negara itu menurun hingga 14% dan 16%. Adapun negara-negara tetangga, yang paling terpengaruh adalah Libanon (11%). Sedangkan negara-negara lain yang ikut menjadi tujuan pengungsian seperti Turki, Mesir dan Yordania (1.5%). (msa/dakwatuna/islamion).

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Erdogan Bantah Turki Berniat Kuasai Wilayah Negara Lain

Figure
Organization