Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Suku-suku di Yaman Bersatu Hadapi Syiah Hutsi

Suku-suku di Yaman Bersatu Hadapi Syiah Hutsi

Pasukan suku-suku di Marib. (Arabiya)
Pasukan suku-suku di Marib. (Arabiya)

dakwatuna.com – Marib. Para pemimpin berbagai suku di provinsi Marib mengadakan pertemuan, Jumat (19/12/2014) sore kemarin. Mereka sepakat untuk bersatu menghadapi ancaman kelompok Syiah Hutsi yang saat sudah menguasai wilayah yang cukup luas di Yaman termasuk ibukota Sana’a.

Para pemimpin suku mengecam aksi-aksi kelompok Syiah Hutsi yang menurut mereka melanggar perjanjian dan kesepakatan. Di antaranya adalah kesepakatan yang ditandatangani pemimpin Syiah Hutsi, Abdul Malik Al-Hutsi, bersama presiden Yaman, Abd-Rabbu Mansour Hadi, September yang lalu, untuk mengakhiri fenomena tersebarnya personil Syiah Hutsi bersenjata di berbagai wilayah Yaman.

Selain mencapai kesepakatan, suku-suku Yaman yang bersatu juga mengadakan atraksi pasukan suku-suku dengan berbagai senjata. Atraksi itu untuk membuktikan bahwa pasukan mereka sudah berada dalam kondisi siap siaga menghadapi kelompok Syiah Yaman yang sedak awal didirikannya merupakan pasukan bersenjata.

Marib adalah salah satu provinsi Yaman yang kaya dengan sumber minyak. Pasukan suku-suku berkomitmen untuk menjaga wilayah mereka itu dengan segala kemampuan. Sementara itu pasukan kelompok Syiah Hutsi sudah mulai berada di sekitar perbatasan provinsi. (msa/dakwatuna/skynews)

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Duduk Berdampingan dengan Menlu Yaman, Netanyahu: Kami Ukir Sejarah

Figure
Organization