Topic
Home / Konsultasi / Konsultasi Arsitektur / Bagaimana Merenovasi Rumah Yang Menutup Aurat Keluarga Hingga Menjadi Nyaman dan Indah

Bagaimana Merenovasi Rumah Yang Menutup Aurat Keluarga Hingga Menjadi Nyaman dan Indah

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

IBU VITA - DISAIN 1 - VIEW 5dakwatuna.com – 

 

Pertanyaan:

Assalaamu’alaikum wrwb

Pak Andan yang saya hormati, saya ingin merenovasi rumah sesuai dengan syariat Islam. Desain nya menjaga agar aurat keluarga kami tidak nampak dari jalan. Privacy keluarga kami juga terjaga.

Denah terlampir, saya harapkan dari denah tersebut tidak banyak berubah hingga hemat biaya. Rencananya saya ingin di bawah ada 1 ruang tidur utama plus wc di dalam, 2 ruang tidur anak, 1 ruang tidur untuk tamu, ruang makan dan ruang keluarga yang lapang, ruang tamu yang terpisah, dapur, carport untuk 2 mobil plus sepeda anak-anak.

Untuk lantai atas saya ingin ada 2 kamar tidur dan ruang duduk. Jika memungkinkan di lantai dasar saya ingin ada kolam renang, lalu tolong di buat alternatif mushalla dengan ruang tertutup.

Ruang pelayan saya ingin juga terpisah agar memiliki privacy dan lebih mudah untuk aktivitas cuci jemur nya.

Demikian pertanyaan saya, terima kasih atas tanggapannya.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Vita – Bekasi

 

Jawaban:

Wa’alaikumsalam wrwb

Ibu Vita dan netters dakwatuna yang saya hormati, saya akan jawab pertanyaan desain nya. Namun sebelumnya mari kita bersyukur pada Allah, karena kita masih memiliki rumah. Kalaupun rumah tersebut rumah lama, maka setidak nya kita masih berpeluang untuk merenovasi nya.

Netters sekalian, melalui media ini pula kita sampaikan rasa belasungkawa yang mendalam untuk korban tanah longsor di Banjarnegara – Jawa Tengah. Semoga diberi kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi musibah ini.

Bu Vita dan netters yang saya hormati, kini kita akan membahas renovasi hemat rumah 2 lantai. Ruang tidur utama lama saya jadikan 2 kamar tidur anak, ruang tidur depan jadi ruang tidur tamu, ruang tidur di tengah dan wc tengah saya bongkar agar lapang.

Dengan pola ini saya tinggal membuat ruang tidur utama di belakang dan memindahkan dapur ke depan. Kamar mandi lama yang ada di belakang saya jadikan wc cucian, karena di atas nya sudah ada dak beton lama yang bisa saya jadikan ruang cuci jemur.

Carport saya bagi 2 kiri dan kanan agar tidak mengganggu bangunan. Karena saya memiliki 2 alternatif denah dan 2 alternatif tampak muka bangunan. Alternatif pertama mushalla menyatu dengan ruang keluarga, lalu alternatif ke dua mushalla ada di area tertutup.

Tampak muka pertama merupakan pembangunan tahap 1 hingga hemat biaya karena lantai 2 tidak dikerjakan dulu. Lalu alternatif tampak yang ke dua saya buat lantai 2 nya sekaligus saya buat alternatif tampak muka dengan gaya minimalis.

Alhamdulillah, selesai sudah desain kita kali ini. Semoga bermanfaat dan semoga bisa menambah kita semakin bersyukur pada Allah atas rezki yang telah Allah limpahkan.

Akhirul kalam,

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

 

Andan Nadriasta, ST

Kirimkan email pertanyaan /order desain/pelaksanaan ke : [email protected]

IBU VITA - DISAIN 1 - denah AWALIBU VITA - DISAIN 1 - denah LANTAI 2IBU VITA - DISAIN 1 - denah lt 2IBU VITA - DISAIN 1 - VIEW 5IBU VITA - DISAIN 1 - VIEW 6IBU VITA J - INTERIOR VIEW 2vita disain 3 - view 6vita disain 3 - view 8

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Andan Nadriasta, ST
Lulusan Teknik Arsitektur angkatan 90 Univ. Pancasila. Bisa dihubungi di 0817-496-5742. Aktif menulis di media tahun 99. Sebagai pengisi rubrik griya di koran Republika. Sebelumnya sempat aktif di Tabloid Nova. Membantu pembuatan desain rumah tinggal yang di asuh oleh Ir. Nurhadi. Andan Nadriasta diambil dari bahasa sansekerta. Artinya adalah 'tangan yang berkarya'. Doa dari orang tua tersebut mengiringi segenap kegiatan dalam berkarya membuat disain rumah tinggal yang islami. Serta berdakwah di lingkungan sekitar hingga daerah yang dikunjungi.

Lihat Juga

Opick: Jangan Berhenti Bantu Rakyat Palestina!

Figure
Organization