Home / Pemuda / Essay / Ayat-Ayat Cinta Buat Bintang Pelajar

Ayat-Ayat Cinta Buat Bintang Pelajar

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

mengajidakwatuna.com – Ayat-ayat cinta buat bintang pelajar? Maksudnya? Apakah novel Ayat-ayat Cinta karya Habiburrahman El Shirazy yang mau dikasih pada kamu para pelajar? Oh bukan! bukan itu yang saya maksud. Maksudnya adalah ayat-ayat cinta yang spesial buatmu datang dari Allah, yaitu Al quran dengan bahasa yang indah dan mempesona. Banyak keutamaan plus kemulian yang dikemukakan Allah sebagai buah cinta-Nya padamu para pelajar. Mau tau! Ayo ikutin bahasan berikut ini, pasti seru! Wah, kayak nonton bola aja he he.

Pertama: Bintang pelajar diangkat derajatnya di sisi Allah

“Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS Al Mujadillah 11)

Ayat ini, menggambarkan bonus Allah yang diberikan kepada kamu sebagai bintang pelajar yang beriman dan berilmu pengetahuan. Apa sih bonusnya? Yaitu diangkatnya derjatmu di sisi Allah. Wah, kalau demikian kamu pasti dimuliakan oleh penduduk bumi dan juga penduduk langit. Makanya kamu tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi juga harus cerdas secara emosional dan spiritual sehingga bonus indah akan mampir dalam hidupmu. Ayo! Marilah berlomba-lomba untuk meraih bonus tersebut sebagai syarat menjadi “ kekasih Allah “ Luar biasa! Asyiiik kan?

Kedua: Bintang Pelajar sebagai sumber belajar (tempat bertanya)

“ Dan kami tidak mengutus sebelum kamu, kecuali orang-orang lelaki yang kami beri wahyu kepada mereka; Maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui,” (QS. An Nahl 43)

Ayat cinta kedua ini mengabarkan bahwa bintang pelajar dapat menjadi sumber belajar bagi orang lain. Maksudnya? Begini ya, ketika kamu belajar lalu dapat ilmu, Nah orang lain akan bertanya dan berguru padamu. Semakin bertambah ilmu semakin banyak orang yang belajar padamu. Sunguh, kamu menjadi orang yang kaya raya dengan ilmu dan sangat dermawan dengan membagikannya pada orang lain. Makanya, jangan ragu untuk berguru, mendalami ilmu kemudian membagikan pada sobatmu maka ilmumu pasti bertambah dan bermutu. Kalau tak percaya, silahkan buktiin sendiri!.

Ketiga: Menjadi Bintang Pelajar Nilainya sama dengan Berjihad

“ Tidak sepatutnya bagi mukminin itu pergi semuanya (ke medan perang). Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka Telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya”. (QS At Taubah 122)

Ayat cinta ketiga ini berisikan sentuhan tentang keutamaan menjadi bintang pelajar. Kamu yang selalu mendalami ilmu pengetahuan, tentu akan dapat memberikan peringatan dan pelajaran pada orang lain. Apabila hal ini dapat kamu lakukan! Wah, nilainya sama dengan pergi berjihad ke medan juang. Makanya, kamu harus bersungguh dan konsisten dalam belajar. Nanti kalau kamu meninggal dunia, kamu dapat meraih derjat sebagai syuhada. Yah, seperti orang yang mati syahid di jalan Allah, maka langkahmu semakin mudah masuk surga.Makanya terus belajar dan luruskan niatmu maka hidupmu akan terasa indah dan bahagia.

Redaktur: Deasy Lyna Tsuraya

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Lahir di Batusangkar tanggal 28 September 1967. SD sampai SMA di Batusangkar dan menamatkan S1 pada Fakultas Tarbiyah IAIN Imam Bonjol Batusangkar. Tamat April 1993 dan kemudian mengajar di MTSN Batusangkar sebagai tenaga honorer. Tahun 1992-2005 aktif mengelola kegiatan Pendidikan dan Dakwah Islam di bawah naungan Yayasan Pendidikan Dakwah Islam Wihdatul Ummah. Tahun 1995 bersama aktivis dakwah lainnya, mendirikan TK Qurrata Ayun , tahun 2005 mendirikan SDIT dan PAUD. Semenjak tahun 1998 diangkat sebagai guru PNS dan mengajar di SMAN 2 Batusangkar sampai sekarang. Tahun 2012 mendirikan LSM Anak Nagari Cendekia yang bergerak di bidang dakwah sekolah dan pelajar diamanahkan sebagai ketua LSM. Di samping itu sebagai distributor buku Islami dengan nama usaha Baitul Ilmi. Sejak pertengahan Desember 2012 penulis berkecimpung dalam dunia penulisan dan dua buku sudah diterbitkan oleh Hakim Publishing Bandung dengan judul: "Daya Pikat Guru: Menjadi Guru yang Dicinta Sepanjang Masa dan Belajar itu Asyik lho! Agar Belajar Selezat Coklat. Kini tengah menyelesaikan buku ketiga Guru Sang Idola: Guru Idola dari Masa ke Masa. Di samping itu penulis juga menulis artikel yang telah dimuat oleh Koran lokal seperti Padang Ekspress, Koran Singgalang dan Haluan. Nama istri: Riswati guru SDIT Qurrata Ayun Batusangkar. Anak 1 putra dan 2 putri, yang pertama Muthiah Qurrata Aini (kelas 2 SMPIT Insan Cendekia Payakumbuh), kedua Ridwan Zuhdi Ramadhan (kelas V SDIT ) dan Aisyah Luthfiah Izzati (kelas IV SDIT). Alamat rumah Luak Sarunai Malana Batusangkar Sumbar.

Lihat Juga

Semusim Cinta, Ajang Menambah Ilmu dan Silaturahim Akbar WNI Muslimah Se-Korea Selatan