Home / Berita / Internasional / Australia / Inilah Identitas Aktor Utama Penyanderaan di Sydney

Inilah Identitas Aktor Utama Penyanderaan di Sydney

Seorang Pria berhasil diamankan pihak keamanaan dalam penyanderaan Sydney.  (radioaustralia.net.au)
Seorang Pria berhasil diamankan pihak keamanaan dalam penyanderaan Sydney. (radioaustralia.net.au)

dakwatuna.com – Sydney. Identitas pria bersenjata yang menyandera sejumlah orang di sebuah kafe di Sydney, Australia, sudah teridentifikasi. Pria yang semula diduga merupakan seorang militan Islam karena memperlihatkan bendera hitam dengan tulisan bahasa arab, bahkan sebagian mengaitkannya dengan kelompok ISIS ternyata seorang pengungsi Australia berkebangsaan Iran.

Man Haron Monis, demikian nama pria Iran itu, sudah tidak asing lagi bagi pihak imigrasi Australia. Pasalnya, Monis sudah berkali-kali terkena denda.

Man Haron Monis pertama kali menerima suaka politik dari pemerintah Australia pada 1996. Menurut penuturan bekas kuasa hukumnya, Monis merupakan pria penyendiri. Pada peristiwa penyanderaan hari ini (15/12), lima orang sandera telah berhasil meloloskan diri. Setelahnya, beberapa sandera lainnya juga berhasil keluar dari dalam kafe itu.

Monis sempat memaksa sejumlah sanderanya memamerkan bendera “La ilaha illa Allah” berlatar hitam ke jendela kafe. Desain bendera tersebut lebih mirip bendera Kerajaan Arab Saudi, bukan bendera ISIS. Adapun, jumlah keseluruhan sandera masih belum jelas. Demikian dilansir BBC.

Kafe tersebut berlokasi di Martin Place, sebuah kawasan pusat komersial dan finansial di Kota Sydney. Selama berada di dalam kafe itu, Monis memaksa ketiga sanderanya menyuarakan pernyataannya di hadapan sejumlah kamera media massa yang menyorot mereka.

Hingga kini, belum ada klaim dari kelompok ekstremis, seperti ISIS yang menyatakan bertanggung jawab atas kejadian penyanderaan di Sydney tersebut. Perdana Menteri Australia, Tony Abbott, menyatakan, peristiwa ini mengejutkan dan cenderung berdasarkan alasan politik, bukan agama. (ROL/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

‘Turki Menentang Sanksi AS Terhadap Iran’