Home / Berita / Internasional / Afrika / Penjara Tak Ubahnya Kuburan, Sudah 212 Orang Penentang Kudeta Tewas di Penjara Mesir

Penjara Tak Ubahnya Kuburan, Sudah 212 Orang Penentang Kudeta Tewas di Penjara Mesir

Penjara rezim kudeta Mesir layaknya kuburan bagi tahanan. (almokhtsar.com)
Penjara rezim kudeta Mesir layaknya kuburan bagi tahanan. (almokhtsar.com)

dakwatuna.com – Kairo. Sumber HAM Mesir melaporkan, jumlah tahanan yang tewas di dalam penjara hingga saat ini tercatat sebanyak 212 orang. Mereka tewas dengan berbagai sebab, diantaranya karena penyiksaan, lambannya penanganan medis, buruknya kondisi penajara, tertular virus penyakit, dan tidak adanya fentilasi di dalam penjara ataupun di tempat penahanan lainnya.

Pihak HAM Mesir ini kemudian menjelaskan, dalam waktu dekat akan mengeluarkan laporan berjudul “Kuburan yang resmi…pembunuhan diluar ketentuan UU di berbagai tempat penahan di Mesir.” Laporan ini akan disampaikan bertepatan dengan hari HAM Internasional.

Menurut mererka sangat naif sekali apabila nanti dunia merayakan hari HAM, namun di saat bersamaan ada orang-orang yang ditahan di berbagai lokasi di Mesir dengan ruang tahanan layaknya kuburan yang dilegalkan oleh negara.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa otoritas keamanan Mesir menerapkan kebijakan untuk melakukan penangkapan secara membabi-buta terhadap para penentang kudeta militer. Sikap rezim kudeta ini dicatatat sejarah sebagai yang terburuk sepanjang sejarah Mesir modern terhitung sejak awal kali kudeta terjadi pada tanggal 30 Juni 2013 hingga sekarang. (msy/alk/dakwatuna)

Redaktur: Muh. Syarief

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Wakil Direktur Studi Informasi Alam Islami (SINAI) Mesir 2008

Lihat Juga

Mursyid Ikhwanul Muslimin Divonis Hukuman Seumur Hidup

Figure
Organization